Selasa 25 Juni 2019, 22:40 WIB

Ratusan Warga Ikuti Operasi Katarak Gratis

(DG/N-1) | Nusantara
Ratusan Warga Ikuti Operasi Katarak Gratis

MI/Depi gunawan
Rumiati (berdiri), seorang pasien keluar dari ruang operasi katarak diselenggarakan BCA bekerja sama dengan Yayasan Kick Andy Foundation

 

RUMIATI bersyukur. Penyakit katarak yang diderita sejak setahun terakhir ini akhirnya bisa sembuh. Selasa (25/6), warga Kampung Cirata, RT 2/RW 1, Desa Ciroyom, Kecamatan Cipeundeuy, ini mendapat operasi katarak gratis di RSUD Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat.

Rumiati merupakan salah satu dari ratusan pasien yang mengikuti operasi katarak gratis yang dilaksanakan PT Bank Central Asia (BCA) bekerja sama dengan Yayasan Kick Andy Foundation. “Alhamdulillah sudah sembuh, kini saya sudah bisa beraktivitas seperti biasa, bisa mengaji lagi di masjid. Operasi katarak ini sangat bermanfaat bagi warga seperti saya,” kata ibu rumah tangga berusia 54 tahun itu saat keluar dari ruang operasi.

Pasien lainnya, Mita, 65, mengaku tiba di rumah sakit sejak pukul 05.30 WIB. Warga asal Padalarang itu mengetahui informasi operasi katarak gratis dari tetangga yang bekerja di rumah sakit tersebut. “Saya belum punya biaya untuk operasi, sementara bayarnya harus Rp6 juta. Makanya, saya enggak menyia-nyiakan operasi gratis kali ini, sangat terbantu sekali,” ujarnya.

Kepala KCU BCA Soekarno Hatta, Juniarta, menyatakan, BCA akan terus berkomitmen membantu masyarakat yang memiliki gangguan penglihatan akibat katarak karena bila tidak segera dioperasi, penyakit ini bisa menyebabkan kebutaan.

“Faktor penyebab utama kebutaan di Indonesia salah satunya karena katarak. Kami ingin terus berkontribusi membantu bagi masyarakat,” ujarnya. Bakti sosial ope­rasi katarak yang diselenggarakan BCA ini dilaksanakan rutin sejak 2001 dan akan terus diadakan di seluruh Indonesia untuk membantu kalangan kurang mampu agar dapat beraktivitas secara normal.

“Bakti sosial ini diselenggarakan secara rutin setiap tahun bersama dengan Perdami, kemudian per 2017 kerja sama dengan Kick Andy Foundation. Operasi katarak gratis di Cikalongwetan ini kegiatan keempat di tahun ini,” tuturnya.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya operasi katarak gratis dari BCA bersama Kick Andy Foundation. “Ini menjadi ladang ibadah, sangat bermanfaat,” katanya. (DG/N-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More