PLTU Ombilin Diminta Setop

Penulis: (YH/N-1) Pada: Selasa, 25 Jun 2019, 22:00 WIB Nusantara
PLTU Ombilin Diminta Setop

MI/ADE IRWANSYAH
PLTU Ombilin

LEMBAGA Bantuan Hukum (LBH) Padang meminta pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ombilin di Kota Sawah­lunto dihentikan sementara. Dugaan asap beracun dan limbah PLTU yang mengalir ke Sungai Ombilin mengancam kesehatan masyarakat sekitar.

Direktur LBH Padang Wendra Rona Putra mengatakan PLTU Ombilin mengalami masalah pada filter udara. “Kerusakan saat ini telah berada di tingkat mengkhawatirkan yang bisa mengancam kesehatan masyarakat, terutama yang bermukim di Desa Sijantang Koto, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto,” ujarnya Selasa (25/6).

Dalam sepekan terakhir, sebut Wendra, tingkat polutan udara khususnya di sekitar PLTU Ombilin kian parah. Asap polutan menjadi empat kali lipat dari standar yang ditetapkan.

Sebelumnya, Agustus 2018 lalu, Kementerian Lingkungan Hidup telah memberikan sanksi administrasi kepada PLN Pembangkitan Sumatra Bagian Selatan di Sektor Ombilin terkait pencemaran udara tersebut. (YH/N-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More