Selasa 25 Juni 2019, 18:35 WIB

Bos Mafia Italia Morabito Kabur dari Penjara di Montevideo

Denny Parsaulian Sinaga | Internasional
Bos Mafia Italia Morabito Kabur dari Penjara di Montevideo

AFP
Rocco Morabito,

 

DENGAN membobol atap, bos mafia Italia, Rocco Morabito, pada Senin (24/6) waktu setempat, kabur dari penjara di pusat Ibu Kota Uruguay, Montevideo.

Peristiwa ini memicu perburuan besar-besaran pihak berwenang Uruguay dan membuat marah pemerintah Italia, yang sedang menunggu ekstradisinya.

Morabito dan tiga narapidana lainnya melarikan diri melalui lubang di atap pusat penahanan polisi di pusat Kota Montevideo, Minggu (23/6) malam.

"Selanjutnya mereka membobol apartemen tetangga dan keluar ke jalan raya," kata Kementerian Dalam Negeri Uruguay.

Dalam sebuah pernyataan, disebutkan bahwa Morabito, 52, tokoh utama Ndrangheta yang ditangkap di Uruguay pada 2017 sedang menunggu ekstradisi atas kasus perdagangan narkoba internasional.

Mendagri Italia Matteo Salvini marah atas berita yang membingungkan dan serius itu.

"Saya membuat dua komitmen. Pertama, tolong menjelaskan bagaimana dia melarikan diri dan saya meminta penjelasan langsung dari pemerintah Montevideo. Kemudian kita akan melanjutkan perburuan Morabito, di mana pun dia berada," kata Salvini.

Elida Ituarte, seorang wanita berusia 70 tahun yang tinggal di apartemen lantai lima di sebelah penjara, mengatakan bahwa dia terkejut melihat empat pria di ruang tamunya pada tengah malam Minggu.

"Apa yang kamu lakukan? Kamu siapa?" kisahnya dengan berteriak.

Yang tertua dari empat, tampaknya Morabito, mengatakan kepadanya bahwa penjaga telah memanggil mereka untuk memperbaiki pipa bocor, kata Ituarte yang terguncang.

Dia mengatakan keempat pria itu rupanya melompat ke balkonnya dari dinding penjara yang berkawat berduri.

"Saya membiarkan jendela terbuka. Ketika saya tinggal di sebelah penjara, saya merasa aman dan terjamin," katanya.

Saat Ituarte menemukan kunci dan membiarkan mereka keluar, keempat pria itu langsung berlari menuruni tangga dan turun ke jalan.

Penjara ini dikenal sebagai Penjara Sentral Montevideo yang terletak di jalan yang sibuk dikelilingi oleh apartemen, restoran, dan toko.


Baca juga: Frida, Anjing Penyelamat asal Meksiko, Pensiun


Kerabat narapidana lain ditolak aksesnya pada Senin karena kunjungan mereka dibatalkan akibat pelarian itu.

Morabito yang dijuluki 'raja kokain' adalah salah satu pria paling dicari di Italia. Dia akhirnya ditangkap di sebuah hotel di Montevideo pada September 2017.

Pengacaranya mengatakan kepada wartawan pada saat itu dia tinggal di sana sambil mencari apartemen baru setelah berpisah dari istrinya.

Mendaftar untuk akomodasi baru akan membantu pelarian Morabito, yang telah dalam dicari selama 23 tahun.

Dia telah hidup sejak 2004 di Punta del Este, taman bermain bagi orang kaya Amerika Selatan, yang berada sekitar 90 menit berkendara di timur laut Montevideo.

Dia menetap di sebuah rumah pedesaan dengan rumah pertanian bergaya Tuscan sekitar 40 kilometer dari Punta del Este.

Para pejabat mengatakan pada saat itu ia memperoleh izin tinggal di Uruguay setelah memasuki negara itu dengan paspor palsu Brasil atas nama Francisco Capeletto.

Pada saat penangkapannya, Morabito memiliki 13 ponsel, foto ID, sejumlah besar uang tunai, dan pistol otomatis 9mm.

Tiga pria lain yang melarikan diri dengan Morabito sedang menunggu ekstradisi ke Brasil dan Argentina, termasuk satu dengan tuduhan pembunuhan. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More