JK Yakin Sidang Putusan PHPU Akan Aman

Penulis: Dero Iqbal Mahendra Pada: Selasa, 25 Jun 2019, 16:09 WIB Politik dan Hukum
JK Yakin Sidang Putusan PHPU Akan Aman

MI/Adam Dwi
Wakil Presiden Jusuf Kalla.

WAKIL Presiden Jusuf Kalla meminta masyarakat untuk tidak melakukan aksi massa saat sidang putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (27/6) besok. Kalla pun yakin situasi akan aman nantinya.

"Saya yakin juga besok lusa ini akan aman-aman saja. Lagi pula saya rasa sudah capek semua," ujar Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (25/6).

Baca juga: Luhut Optimistis Suasana Kondusif Pascaputusan MK

Ia mengatakan, ada perbedaan sikap saat menunggu keputusan MK di masa saat ia ikut berkompetisi dengan saat ini. Menurut Kalla, dahulu sebelum memasukkan gugatan pun tidak didahului dengan aksi masa.

"Dulu biasa saja karena hanya ke MK tanpa ada suatu gerakan massa. Kalau ini didahului suatu gerakan massa, kemudian (baru) ke MK," tutur Kalla.

Seperti yang diketahui pada tanggal 21 - 22 Mei lalu terjadi aksi massa yang berujung kepada kerusuhan. Kalla menjelaskan pada masanya dahulu situasinya lebih aman tanpa adanya aksi masa maupun upaya membuat kerusahan. Meskipun demikian, Kalla tetap mengapresiasi langkah dari capres pasangan nomer urut 02 Prabowo Subianto yang menginstruksikan tidak adanya aksi massa jelang pembacan putusan MK.

Kalla sebelumnya diketahui memang telah bertemu dengan Prabowo. Pada pertemuan tersebut, Prabowo menginstruksikan tidak adanya aksi massa karena akan melakukan upaya hukum melalui jalur MK. Oleh sebab itu, Kalla meyakini Prabowo akan menepati ucapannya dan tidak akan melakukan aksi massa jelang putusan MK. (OL-6)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More