Selasa 25 Juni 2019, 12:35 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tumbuh Konsisten

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tumbuh Konsisten

MI/Atalya Puspa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution

 

PEREKONOMIAN Indonesia masih mampu tumbuh secara konsisten di tengah konflik perang dagang dan gejolak politik dunia. Tercatat, pada 2015, pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya sebesar 4,88%.

Setahun berselang, tumbuh menjadi 5,03% dan kembali merangkak naik ke angka 5,07% di 2017. Hingga di 2018, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,17%.

Walaupun kenaikan yang terjadi tidak cepat dan signifikan, itu menunjukkan kondisi ekonomi yang baik ketimbang negara-negara berkembang di Asia lainnya.

"Walaupun dalam tekanan, kita masih bisa tumbuh konsisten," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (25/6).

Baca juga: Neraca Perdagangan RI di Mei 2019 Surplus US$0,21 M

Tidak hanya pertumbuhan ekonomi, indikator-indikator sosial juga menunjukkan hasil yang baik. Badan Pusat Statistik mencatat tingkat inflasi sepanjang 2018 sebesar 3,13%, lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya yang menyentuh 3,61%.

Tingkat kemiskinan juga terus turun hingga hanya satu digit yakni 9,66% pada akhir tahun lalu. Dengan anggaran yang terbatas, Darmin menilai seluruh capaian itu sudah sangat baik dan akan dilanjutkan di masa mendatang.

Dengan mengalihkan prioritas dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia, ia optimistis pertumbuhan ekonomi dan indikator lainnya akan terus berada pada jalur yang tepat.

"Kalau dua program ini dipadukan kita bisa harapkan pertumbuhan ekonomi yang makin baik lagi ke depan," tandasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More