Selasa 25 Juni 2019, 10:45 WIB

Frida, Anjing Penyelamat Asal Meksiko, Pensiun

Basuki Eka Purnama | Internasional
Frida, Anjing Penyelamat Asal Meksiko, Pensiun

AFP/RONALDO SCHEMIDT
Frida (kanan) dan pelatihnya.

 

FRIDA, anjing labrador retriever yang namanya menjadi terkenal di dunia karena aksi heroiknya pascagema yang melanda Meksiko pada 19 September 2017 secara resmi pensiun, Senin (24/6).

Frida yang melakukan aksinya mencari korban dan penyintas di bawah reruntuhan gedung menggunakan kacamata pelindung dan sepatu boots dipensiunkan setelah bertugas selama 10 tahun lewat sebuah upacara yang digelar unit anjing pelacak di marinir Meksiko.

"Labrador kesayangan kami, Frida, akan memasuki era baru," ujar Wakil Menteri Angkatan Laut Meksiko Eduardo Redondo.

"Frida sukses mencuri hati seluruh rakyat Meksiko dan ribuan orang lainnya di dunia. Gongongannya membawa harapan dan di saat penuh kesedihan, dia membawa kelegaan," imbuhnya.

Baca juga: Kesepakatan AS-Meksiko Memicu Kontroversi

Frida menyelamatkan nyawa 12 orang selama kariernya yang berdurasi satu dekade sebagai anjing SAR.

Frida ambil bagian dalam sejumlah operasi penyelamatan termasuk gempa yang melanda Haiti dan Ekuador pada 2010 dan 2016 serya ledakan di markas kantor perusahaan minyak Meksiko, Pemex, pada 2013.

Polisi yang mendampingi Frida mencopot kacamata pelindung dan sepatu boots Frida dan memberikan boneka mainan sebagai simbol masa pensiun anjing itu.

"Frida, misimu sudah selesai dengan sukses," pungkas Redondo. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More