Penerimaan Pajak DKI Jauh dari Target

Penulis: (Rif/J-3) Pada: Selasa, 25 Jun 2019, 03:40 WIB Megapolitan
Penerimaan Pajak DKI  Jauh dari Target

Antara Foto/Aprillio Akbar
Warga memeriksa dokumen saat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kantor Samsat Polda Metro Jaya, Jakarta

SETENGAH tahun berlalu, tapi Anies Baswedan dan anak buahnya belum mampu mengum­pulkan pajak setengah dari target. Seperti diungkapkan Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta, Faisal Syafruddin, sampai Juni, pajak yang terkumpul berjumlah Rp13,6 triliun dari target Rp44,1 triliun.

Meski belum setengah dari target, Faisal menyebut penerimaan sampai akhir bulan keenam itu lebih tinggi jika dibandingkan dengan penerimaan pajak pada periode yang sama tahun lalu. “Tahun lalu, selama enam bulan, penerimaan hanya mencapai Rp821 miliar.”

Tahun ini, lanjut dia, penerimaan pajak sebesar Rp3,9 triliun terkumpul dari pajak kendaraan bermotor, Rp2,3 triliun dari bea balik nama kendaraan bermotor, dan Rp613 miliar dari pajak bahan bakar kendaraan bermotor. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga mendapat penerimaan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan sebesar Rp816,5 miliar, serta pajak reklame Rp469 miliar.

“Meski saat ini penerimaan belum mencapai setengah dari target, kami tetap optimistis rencana penerimaan pajak akan tercapai hingga akhir tahun,” tandas Faisal. (Rif/J-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More