Senin 24 Juni 2019, 10:41 WIB

Pengadilan Tipikor Gelar Sidang Perdana Sofyan Basir

Melalusa Susthira K | Politik dan Hukum
Pengadilan Tipikor Gelar Sidang Perdana Sofyan Basir

Antara
Dirut PLN nonaktif Sofyan Basir saat memberikan keterangan di Pengadilan Tipikor.

 

PENGADILAN Tindak Pindana Korupsi (Tipikor) menggelar sidang perdana Dirut PLN nonaktif Sofyan Basir (SFB) dengan agenda pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK. Jaksa rencananya akan menguraikan lebih jauh peran Sofyan Basir dalam kaitan kasus PLTU Riau 1.

"Hari ini adalah sidang pertama Pak Sofyan basir sebagai terdakwa. Saya kira posisi Pak Sofyan Basir dan kami selaku penasehat hukumnya mendengar pembacaan dari surat dakwaan oleh penuntut umum," ujar pengacara Sofyan Basir, Susilo Ari Wibowo di Pengadilan Tipikor pada Senin (24/6).

Susilo mengakui tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi jalannya sidang pada hari ini. Lebih lanjut Susilo menuturkan ada dua pokok penting mengenai isi dakwaan yang dituduhkan kepada kliennya itu.

"Pertama Pak Sofyan Basir diduga berperan sebagai pembantu. Jadi  membantu memberikan fasilitas percepat terhadap perjanjian kontrak dengan PLN dari Pak Johannes Kotjo," terang Susilo.

"Kedua, Pak Sofyan diduga berperan sebagai pembantu untuk menyediakan fasilitas-fasilitas pertemuan," tambah Susilo.

Berdasarkan hal tersebut, Susilo mengatakan Sofyan Basir disangkakan dengan Pasal 12 a juncto Pasal 15. Kemudian dijunctokan lagi dengan Pasal 56 ke-2 KUHP, atau Pasal 11 juncto Pasal 15 juncto Pasal 56 ke-2 KUHP UU Tipikor. Susilo mengungkapkan belum memikirkan perihal pengajuan eksepsi kepada majelis hakim Pengadilan Tipikor. Pengajuan eksepsi baru akan dipertimbangkannya berdasarkan hasil sidang pada hari ini.

baca juga: Dinas Sosial Upayakan Bantuan Untuk Korban Pabrik Mancis

"Kalau lihat materinya kita lagi pikirkan. Tetapi nantilah kita lihat di dalam persidangan," tandas Susilo.

Sidang yang diagendakan pada pukul 10.00 WIB tersebut masih tertunda sampai saat ini. Meskipun demikian pengunjung sidang mulai memadati ruang sidang Kusuma Atmadja 1, Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat. (OL-3)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ama.

Di Tengah Wabah Korona, Besok DPR tetap Bersidang

👤 Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 29 Maret 2020, 20:30 WIB
Ia menjamin pembahasan rancangan undang-undang juga akan tetap berjalan, termasuk prioritas yang telah ditetapkan sebelumnya seperti...
MI/SUPARDJI RASBAN

Pemerintah harus Secepatnya Karantina Wilayah

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 29 Maret 2020, 19:31 WIB
Indonesia tak mengenal istilah lockdown. Tapi Indonesia mempunyai konsepnya sendiri yaitu karantina...
Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.

KSP: Legitimasi Perppu Penundaan Pilkada Harus Kuat

👤Indriyani Astuti 🕔Minggu 29 Maret 2020, 19:04 WIB
Menurut Sigit, apapun opsi yang akan diambil oleh KPU, termasuk apabila nantinya pemerintah menerbitkan Perppu, legitimasinya harus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya