Minggu 23 Juni 2019, 16:30 WIB

Suhu Dingin Capai 10 Derajat Celcius Landa NTT

Palce Amalo | Nusantara
Suhu Dingin Capai 10 Derajat Celcius Landa NTT

MI/Bagus Suryo
Ilustrasi

 

BMKG Stasiun El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menghimbau masyarakat mewaspadai potensi peningkatan penyakit pernapasan, menyusul suhu dingin melanda daerah itu sejak lima hari terakhir. Saat ini suhu di wilayah NTT berkisar antara 10-13 derajat celcius pada malam hari dan 19-22 derajat celcius pada siang hari. Suhu dingin diperkirakan sampai Agustus 2019.

"Wasapadai potensi peningkatan penyakit pernafasan yang diakibatkan virus atau bakteri. Kulit dan bibir menjadi kering atau pecah-pecah," kata Prakirawan BMKG Stasiun El Tari Kupang, Nanik Trenawasti di Kupang, Minggu (23/6).

Dia menyebutkan suhu dingin yang melanda daerah itu dipicu oleh tekanan udara tinggi di daratan Australia. Sedangkan wilayah daratan Asia mengalami tekanan udara rendah sehingga massa udara bergerak dari Australia ke Asia dengan membawa massa udara kering dan dingin melewati wilayah Indonesia. Fenomena ini disebut Monsoon Dingin Australia.

Selanjutnya di wilayah Indonesia secara umum dan wilayah NTT secara khusus mengalami tutupan awan yang relatif sedikit. Sehingga pantulan sinar matahari yang mengenai bumi tidak tertahan oleh awan dan langsung terbuang atau hilang ke angkasa.

baca juga: Rumah Pangan Lestari Harus Berkelanjutan

Menurut Nanik, kandungan air di dalam tanah menipis dan kandungan uap air di udara juga rendah dan menyebabkan kelembaban udara cenderung rendah selama musim kemarau.

"Pada malam hari, gunakan pakaian atau selimut yang tebal, menggunakan krim pelembab kulit supaya kulit tidak terlalu kering, dan mencukupi kebutuhan cairan supaya tidak dehidrasi," tambahnya. (OL-3)

 

Baca Juga

ANTARA/Bayu Pratama S

70% Kasus Positif Korona di Kalsel Terjadi di Lima Kabupaten/Kota

👤Denny S 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 23:10 WIB
Total kasus positif virus korona dari lima daerah dari 13 kabupaten/kota di Kalsel ini mencapai lebih 70 persen total kasus yang...
ANTARA/Abriawan Abhe

Disiplin Warga Sulsel Terapkan Protokol Kesehatan masih Rendah

👤Lina Herlina 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 23:10 WIB
Kunci mengatasi pandemi covid-19 adalah peran aktif masyarakat menerapkan protokol kesehatan. "Edukasi perlu dimassifkan," tukas...
ANTARA/ARDIANSYAH

Pancaroba, Warga Sumut Diimbau Waspadai DBD

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 20:35 WIB
 Jika covid-19 dan DBD menjangkiti seseorang secara bersamaan, akibatnya bisa sangat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya