Jumat 21 Juni 2019, 19:20 WIB

Penurunan Harga Tiket Pesawat untuk Rute Tertentu Dinilai Adil

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Penurunan Harga Tiket Pesawat untuk Rute Tertentu Dinilai Adil

ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Penurunan harga tiket pesawat.

 

PT Garuda Indonesia menilai keputusan pemerintah yang menurunkan harga tiket maskapai layanan minimum (low cost carrier/LCC) untuk rute dan jadwal penerbangan tertentu sangat adil dan dapat diterima.

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan, mengungkapkan, memang tidak semua rute bisa dilayani dengan harga murah.

Ada rute-rute yang memiliki pasar yang potensial karena masyarakat di wilayah tersebut memiliki kemampuan daya beli cukup tinggi. Ada pula rute-rute yang mengharuskan angkutan udara memberikan persaingan yang sehat terhadap moda-moda transportasi lain. Contoh pasar itu bisa dilihat di Jawa, yang kini memiliki banyak pilihan angkutan seperti bus dan kereta yang juga tidak kalah kualitasnya.

"Pada rute lain yang transportasinya hanya pesawat, itu yang perlu mendapatkan harga terjangkau," ujar Ikhsan kepada Media Indonesia, Jumat (21/6).


Baca juga: Tiket Pesawat Mahal, Pelni Catat Kenaikan Penumpang Terbesar


Menurutnya, maskapai bisa memberikan subsidi pada rute-rute tertentu dari hasil yang didapat dari rute-rute lain yang lebih populer.

Di samping itu, ia juga mengapresiasi keputusan pemerintah yang menginstruksikan seluruh pemangku kepentingan untuk ikut menurunkan biaya operasional seperti jasa-jasa kebandaraudaraan serta harga bahan bakar.

"Ini adalah usaha bersama. Tidak hanya maskapai yang menanggung beban sendiri," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, walaupun tidak termasuk dalam kategori LCC, Garuda Indonesia memiliki kepentingan karena berperan sebagai induk usaha Citilink Indonesia yang masuk ke kategori LCC. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More