Kamis 20 Juni 2019, 22:35 WIB

Dinilai Warisan Belanda, Pemprov DKI Didesak Jual Saham Bir

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Dinilai Warisan Belanda, Pemprov DKI Didesak Jual Saham Bir

Ist
Pabrik PT Delta

 

ANGGOTA Fraksi Partai Demokrat di DPRD DKI Jakarta Santoso mendesak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera mengusulkan penjualan saham di perusahaan produsen minuman beralkohol PT Delta.

Santoso menilai kini banyak pemda yang sudah melepas seluruh kepemilikan saham di perusahaan produsen minol. Perusahaan produsen minol menurut Santoso ada di seluruh daerah karena merupakan warisan dariasa kolonial Belanda.

"Ini kan dulu kalau kita dikasih sama Belanda saja. Dari Belanda tutup meninggalkan Indonesia, diambil pemerintah pusat, diberikan kepada pemerintah daerah saham itu, gitu. Bukan karena unsur kesengajaan mendirikan itu. Makanya saya sih mengusulkan dijual saja," ujar Santoso saat dihubungi, Kamis (20/6).


Baca juga: Pemprov DKI Terima Dividen Rp100 Miliar dari Bir Anker


Santoso lebih lanjut menjelaskan saat telah lepas kepemilikan sepenuhnya dari PT Delta, Pemprov pun bisa lebih tegas dalam mengendalikan minol di tengah masyarakat.

"Apakah DKI tidak bisa mengatur kalau tidak punya saham di situ? Ya bisa dong, dengan perangkat perdanya, dengan perangkat yang sudah ada SDM-nya," terangnya.

Sementara itu di sisi lain tahun ini PT Delta memberikan dividen sebesar Rp 100 miliar kepada Pemprov DKI Jakarta. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More