Polisi Mulai Selidiki Tenggelamnya Perahu Arin Jaya

Penulis: Mohammad Ghazi Pada: Kamis, 20 Jun 2019, 15:30 WIB Nusantara
Polisi Mulai Selidiki Tenggelamnya Perahu Arin Jaya

Antara
Ilustrasi

POLRES Sumenep, Jawa Timur mulai melakukan penyelidikan kasus tenggelamnya perahu motor Arin Jaya di Perairan Gili Iyang. Sebanyak 21 penumpang perahu meninggal dunia, 38 selamat dan satu orang lainnya masih hilang. Kepala Polres Sumenep, Ajun Komisaris Besar Muslimin, mengatakan penyelidikan dilakukan dengan menggali keterangan dari beberapa pihak, termasuk korban selamat.

"Kami belum bicara penyidikan. Masih pulbaket (pengumpulan bahan dan keterangan). Kesimpulan sementara, mengarah pada  adanya unsur kelalaian," kata Muslimin, Kamis (20/6).

Diantara yang dikaji adalah kemungkinan adanya unsur kelebihan penumpang dengan melihat spesifikasi perahu yang digunakan serta kapasitasnya jika digunakan untuk mengangkut penumpang. Dalam pengumpulan bahan dan keterangan itu, kata Muslimin, pihaknya juga menyusun kronologi musibah tersebut secara detail. Mulai dari sebelum berangkat hingga terjadinya musibah.

"Selain itu, kami juga akan melihat adanya kemungkinan pelanggaran terhadap undang-undang pelayaran dalam kasus ini. Sebab, dalam kasus ini ada aktivitas yang berkaitan dengan pelayaran," katanya.

Ia menegaskan, belum memiliki kesimpulan karena masih proses penyelidikan. Setiap kesimpulan yang diperoleh, kata Kapolres, akan disampaikan ke masyarakat secara terbuka mengingat kasus tersebut mendapat perhatian yang tinggi dari masyarakat. Aktivis Forum Komunikasi Warga Pulau (FKWP) Sumenep, Amin Jakfar meminta pemerintah memperhatikan masalah tersebut dengan memperketat pengawasan terhadap transportasi laut tradisional.

Kasus tenggelamnya Arin Jaya, bukan kasus pertama kali di wilayah Sumenep. Setidaknya, kata Amin, dalam sepuluh tahun terakhir telah terjadi setidaknya tiga kali perahu motor tenggelam dengan korban jiwa hingga puluhan orang.

baca juga: Terkait PPDB, Ada Dugaan Pemalsuan Tanggal Surat Domisili

"Harus ada langkah dari semua pihak termasuk pemerintah agar kasus serupa tidak terjadi lagi," katanya.

Perahu Arin Jaya tenggelam di perairan Gili Iyang, Kecamatan Dungkek, Senin (17/6), dalam perjalanan menuju Pelabuhan Kalianget. Perahu tersebut mengangkut 60 orang termasuk awak perahu. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More