Kamis 20 Juni 2019, 07:15 WIB

Empat Orang Didakwa Terkait Insiden MH17

Basuki Eka Purnama | Internasional
Empat Orang Didakwa Terkait Insiden MH17

AFP/JOHN THYS
Foto keempat tersangka penembakan pesawat Malaysia Airlines MH17

 

PENYELIDIK internasional, Rabu (19/6), mendakwa tiga warga Rusia dan seorang warga Ukraina melakukan pembunuhan terkait penembakan pesawat MH17 milik maskapai penerbangan Malaysia Airlines.

Keempatnya merupakan yang pertama terancam hukuman dalam tragedi yang terjadi lima tahun lalu dan menyebabkan 298 orang tewas.

Sidang keempat orang yang terkait militer dan intelejen itu akan dimulai di Belanda pada Maret tahun depan.

Namun, keempatnya kemungkinan besar akan disidangkan secara in absentia karena baik Rusia maupun Ukraina kemungkinan besar daik akan bersedia mengekstradisi warga negara mereka.

Baca juga: Belanda akan Beri Bantuan Hukum Gratis Bagi Kerabat Korban MH17

Moskow mengecam apa yang mereka sebut sebagai 'tudingan yang sama sekali tidak berdasar' terkait penembakan jatuh pesawat yang sedang dalam perjalanan antara Belanda dan Kuala Lumpur di atas wilayah timur Ukraina yang dikuasai pemberontak pro-Rusia.

Tim penyelidik yang dipimpin Belanda mengatakan surat perintah internasional telah dikeluarkan untuk warga negara Rusia Igor Girkin, Sergei Dubinsky, dan Oleg Pulatov serta warga negara Ukraina Leonid Kharchenko. Keempatnya diduga memiliki peran dalam kelompok separatis Republik Rakyat Donetsk.

Jaksa Belanda Fred Westerbeke mengatakan keempat orang itu akan diminta pertanggungjawabannya terkait membawa masuk sistem rudal BUK dari Rusia ke Ukraina meski mereka bukan yang menembakkan rudal yang menjatuhkan pesawat MH17. (AFP/OL-2)

Baca Juga

AFP/SILVIO AVILA

Turki Beli 50 Juta Dosis Vaksin Sinovac

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 November 2020, 09:01 WIB
CoronaVac dan empat vaksin eksperimental lain yang dikembangkan di Tiongkok sedang menjalani uji coba tahap akhir untuk dipastikan...
AFP/David Ryder/Getty Images

Boeing 737 Max akan Mengudara di Brasil Akhir Tahun

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 26 November 2020, 08:50 WIB
Gol Linhas Aereas Inteligentes SA, maskapai penerbangan yang mengoperasikan pesawat model tersebut di Brasil, sedang menerapkan langkah...
NOEL CELIS / AFP

Presiden Tiongkok Xi Jinping Sampaikan Selamat Kepada Biden

👤Mediaidonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 08:10 WIB
Presiden Tiongkok Xi Jinping  menyuarakan harapan kepada Joe Biden dapat mendorong perkembangan hubungan bilateral yang sehat dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya