Indonesia-Inggris Terus Memperkuat Kerja Sama

Penulis: mediaindonesia Pada: Kamis, 20 Jun 2019, 06:20 WIB Internasional
 Indonesia-Inggris Terus Memperkuat Kerja Sama

Kemenlu RI
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bersama Mendikbud RI Muhadjir Effendi berkesempatan hadir dalam Forum Kemitraan RI-Inggris

PEMERINTAH Inggris dan Republik Indonesia bertemu di London pada 17 Juni 2019 dalam platform Forum Kemitraan. Kedua negara mencapai berbagai kesepakatan, termasuk isu siber, perubahan iklim hingga pendidikan.

Delegasi Indonesia dipimpin Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi. Sementara itu, delegasi Inggris dipimpin Menteri Urusan Kabinet, David Lidington, dan didampingi Menteri Luar Negeri, Jeremy Hunt, serta Menteri Urusan Asia-Pasifik, Mark Field.

Forum Kemitraan kedua ini diadakan pada kesempatan penting karena kedua negara merayakan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik pada 2019.

Indonesia dan Inggris memiliki persahabatan yang khusus, luas dan mendalam yang hidup dan berkembang, dibangun dalam nilai-nilai dan sejarah bersama.

Pembicaraan Forum Kemitraan mencakup hubungan bilateral dan internasional, termasuk kerja sama di Dewan Keamanan PBB.

Mereka juga membahas potensi kesepakatan ekonomi dan perdagangan di masa depan, pendidikan sebagai bidang prioritas kerja sama, penanggulangan terorisme, perubahan iklim, dan meningkatnya intoleransi di seluruh dunia

Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt, menyebut Inggris dan Indonesia memiliki hubungan persahabatan yang kuat. "Indonesia ialah teman baik Inggris," ujar Hunt dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, di London.

Retno menekankan bahwa peringatan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara hendaknya dijadikan momentum bagi peningkatan kerja sama. Terutama di bidang perdagangan dan investasi.

Dalam pertemuan, beberapa kerja sama turut dibahas, termasuk kerja sama di bidang pendidikan. "Dalam lima tahun ke depan, pengembangan sumber daya manusia akan menjadi fokus pembangunan Indonesia," ujar Retno dalam keterangan resmi, Rabu (19/6).

Dengan begitu, Indonesia akan terus mengembangkan kerja sama pendidikan dengan Inggris. Setelah perceraian Inggris dari Uni Eropa (Brexit), Inggris berkomitmen untuk lebih meningkatkan hubungan dengan Indonesia. Termasuk dalam bidang ekonomi.

Kedua menteri menyampaikan komitmennya dalam kerja sama. (Tes/I-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More