Di KTT ASEAN, Jokowi akan Serukan Antisipasi Perang Dagang

Penulis: Akmal Fauzi Pada: Rabu, 19 Jun 2019, 15:18 WIB Politik dan Hukum
Di KTT ASEAN, Jokowi akan Serukan Antisipasi Perang Dagang

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo (kiri) berdiskusi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla sebelum memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas bersama menteri kabinet membahas persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-34 di Bangkok, Thailand,dan KTT G20 di Osaka, Jepang.

Persiapan dilakukan agar dua kegiatan tersebut bisa dimanfaatkan untuk penguatan ekonomi Indonesia.

Jokowi menjelaskan pada KTT ASEAN ada beberapa isu yang bisa diangkat, salah satunya Indonesia harus mengajak negara-negara ASEAN bersatu dalam mengantisipasi perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

“Agar stabilitas ekonomi ASEAN tetap terjaga. Penting sekali kita ajak negara-negara ASEAN untuk bersatu,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (19/6).

Selain itu, persoalan yang bisa diangkat yakni mengajak negara ASEAN meningkatkan koordinasi dan upaya bersama dalam menanggulangi sampah plastik di lautan.

“Ketiga berkaitan dengan percepatan perdamaian dan Rakhine State, di Myanmar. Itu tiga hal yang akan kita angkat di KTT ASEAN,” ujarnya.

Baca juga: Jokowi Buka Pintu Aktivis 98 Jadi Menteri

Begitu pun dengan KTT G20, isu penguatan ekonomi masih akan diangkat terutama berkaitan dengan investasi. Jokowi juga menekankan untuk mengambil langkah inovasi dalam rangka pengembangan ekonomi digital.

“Ketiga, mungkin juga perlu diangkat mengenai penanganan kesenjangan, ketenagakerjaan dan pemberdayaan perempuan di dunia,” jelasnya.

Hadir dalam rapat itu sejumlah menteri terkait di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Mensesneg Pratikno.

Hadir pula Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menkumham Yasonna Laoly, Menteri ESDM Ignasius Jonan, hingga Menkominfo Rudiantara.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More