Rabu 19 Juni 2019, 13:25 WIB

Indonesia-Inggris Terus Kembangkan Kerja Sama Pendidikan

Tesa Oktiana Surbakti | Internasional
Indonesia-Inggris Terus Kembangkan Kerja Sama Pendidikan

Dok. Ristekdiksi
Menristekdikti Mohamad Nasir dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik.

 

MENTERI Luar Negeri RI Retno Marsudi menekankan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik dengan Inggris menjadi momentum peningkatan kerja sama, terutama di bidang perdagangan dan investasi.

Menteri Retno yang melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt mengungkapkan telah membahas beberapa kerja sama, salah satunya pendidikan.

"Dalam lima tahun ke depan, pengembangan sumber daya manusia akan menjadi fokus pembangunan Indonesia," ujar Retno dalam keterangan resmi, Rabu (19/6).

Dengan begitu, Indonesia akan terus mengembangkan kerjasama pendidikan dengan Inggris. Sementera Menlu Inggris Jeremy Hunt menambahkan usai perceraian dengan Uni Eropa (Brexit), pihaknya berkomitmen lebih meningkatkan hubungan dengan Indonesia. Termasuk, dalam bidang ekonomi.

“Indonesia adalah teman baik Inggris," ujar Hunt dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, di London.

Baca juga: Indonesia-Inggris Perkuat Kerja Sama Atasi Perubahan Iklim

Kedua menteri menyampaikan komitmennya dalam kerja sama. Hal itu menjadi bagian dari solusi untuk mendorong penyelesaian sejumlah isu internasional. Mengingat, Indonesia duduk sebagai anggota Dewan Keamanan (DK) PBB.

Indonesia mengharapkan dukungan Inggris bagi pencalonan Indonesia di Dewan Hak Asasi Manusia untuk periode 2020-2022. Hunt juga menyampaikan keinginan untuk berkunjung ke Indonesia.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More