Rabu 19 Juni 2019, 07:39 WIB

Sempat Picu Peringatan Tsunami, Gempa Jepang Lukai 16 Orang

Basuki Eka Purnama | Internasional
Sempat Picu Peringatan Tsunami, Gempa Jepang Lukai 16 Orang

AFP/JIJI PRESS
Warga Jepang berkumpul di sebuah pusat pengungsian di Kota Murakami, Prefektur Niigata pascagempa berkekuatan 6,4 pada Skala Richter.

 

GEMPA berkekuatan 6,4 pada Skala Richter mengguncang Jepang dan memicu peringatan tsunami yang kemudian dicabut pada Rabu (19/6). Gempa itu juga menyebabkan sejumlah orang mengalami luka-luka.

Badan Meteorologis Jepang, Selasa (18/6), memperingatkan bahwa ombak dengan tinggi 1 meter bisa menghantam pantai Laut Jepang di utara Tokyo. Namun, faktanya, ombak tertinggi hanya tercatat setinggi 10 centimeter.

Badan itu kemudian mencabut peringatan tsunami itu sekitar 2,5 jam pascagempa itu.

Gempa itu tercatat berkuatan 6 pada Skala Richter oleh Badan Meteorologis Jepang dan sempat mencapai kekuatan maksimum 7 pada Skala Richter. Gempa itu terasa hingga Tokyo yang berada 300 kilometer dari pusat gempa.

Baca juga: Tiongkok Diguncang Gempa 6 SR, 12 Orang Tewas

Adapun Badan Survei Geologis Amerika Serikat mencatat kekuatan gempa itu adalah sebesar 6,4 pada Skala Richter.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan bahwa pemerintahannya dalam kondisi siaga penuh untuk kemungkinan operasi evakuasi dan meminta warga waspada terhadap gempa susulan.

Sedikitnya 16 orang dilaporkan terluka akibat gempa itu. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More