Selasa 18 Juni 2019, 22:00 WIB

Festival Budaya Isen Mulang Ajang Promosi Budaya Kalteng

Surya Sriyanti | Nusantara
Festival Budaya Isen Mulang Ajang Promosi Budaya Kalteng

MI/Sriyanti
Karnaval Budaya Festival Budaya Isen Mulang rangkaianacara HUT Provinsi Kalteng:

 

FESTIVAL Budaya Isen Mulang sudah mulai digelar serangkaian acara dan lomba sudah dimulai sejak hari ini, Selasa (18/6), di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Sebanyak 14 kabupaten dan kota yang ada di Kalteng turut serta dalam berbagai lomba di festival ini, seperti lomba berlogo, malamang, lagu daerah, meneweng manetek, dan manyila kayu, serta karnaval budaya.

Karnaval budaya yang dikuti oleh 83 peserta ini diharapkan bisa menjadi even nasional guna memperkenalkan kebudayaan Kalteng. Hal ini dikatakan Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Yahya saat acara pembukaan Karnaval Budaya.

"Acara ini diharapkan bisa menjadi even tahunan yang bisa menjadi even nasional nantinya," ujarnya.

"Dari acara festival Budaya Isen Mulang ini Kalteng bisa menunjukkan bahwa budaya Kalteng juga bagus. Dan diharapkan dengan acara yang dilaksanakan sejak 17 Juni hingga 22 Juni kunjungan wisatawan bisa meningkat," ujarnya.


Baca juga: Kasus Pelecehan Seksual Dosen USU akan Dilaporkan Ulang


Paramitha, warga Kota Palangka Raya, menuturkan, dengan adanya acara festival Budaya Isen Mulang ini memberikan pengetahuan bagi masyarakat bahwa budaya Kalteng itu beraneka macam.

"Apalagi lomba kuliner dari masing masing kabupaten kota menambah wawasan kita bahwa produk unggulan itu di tiap daerah ada," katanya.

"Jadi ketika ada saudara atau tamu kita datang ke suatu daerah di Kalteng dirinya bisa merekomendasikan kuliner daerah itu," aku Paramitha.

Lomba kuliner ini akan dilaksanakan hingga 22 Juni mendatang. Adapun lomba karnaval budaya ini dibuka sore tadi oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran didampingi oleh bupati/wali kota se-Kalteng. Festival itu juga dipadati oleh masyarakat Kota Palangka Raya yang ingin menyaksikan acara tersebut. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More