AS Tingkatkan Tekanan kepada Iran dengan Menempatkan Pasukan

Penulis: Denny Parsaulian Sinaga Pada: Selasa, 18 Jun 2019, 19:00 WIB Internasional
AS Tingkatkan Tekanan kepada Iran dengan Menempatkan Pasukan

Eric BARADAT / AFP)
Plt Menhan Patrick Shanahan

AMERIKA Serikat meningkatkan tekanan terhadap Iran pada Senin (17/6) waktu setempat dengan mengumumkan pengerahan 1.000 tentara tambahan ke Timur Tengah. AS juga merilis foto-foto baru yang dikatakannya sebagai bukti Teheran berada di belakang serangan terhadap sebuah kapal tanker.

Dua pergerakan AS itu dilakukan ketika Iran menetapkan hitungan mundur 10 hari bagi negara-negara dunia untuk memenuhi komitmen mereka di bawah kesepakatan nuklir yang ditinggalkan Amerika Serikat. Iran mengatakan pihaknya akan melampaui batas persediaan uranium yang diamanatkan oleh perjanjian tersebut.

Ketegangan antara Teheran dan Washington telah meningkat sejak AS keluar dari kesepakatan nuklir. Ketegangan bertambah lagi saat Washington memperkuat kehadiran militernya di kawasan itu dan memasukkan Revolusi Elite Iran sebagai organisasi teroris.

"Saya telah memberi otorisasi kepada sekitar 1.000 tentara tambahan untuk tujuan defensif untuk mengatasi ancaman udara, laut, dan darat di Timur Tengah," kata plt Menhan Patrick Shanahan dalam sebuah pernyataan Senin (17/6).

Amerika Serikat menyalahkan Iran atas serangan terhadap dua tanker di Teluk Oman pekan lalu. Ini tuduhan yang dibantah Teheran sebagai tidak berdasar.


Baca juga: AS akan Mulai Memulangkan Jutaan Migran Ilegal


Pentagon merilis gambar baru pada Senin yang dikatakan AS menunjukkan Iran berada di belakang serangan terhadap salah satu kapal.

Argumen AS berpusat pada ranjau limpet yang tidak meledak di kapal tanker Kokuka.

"Iran bertanggung jawab atas serangan yang didasarkan pada bukti video dan sumber daya serta kecakapan yang dibutuhkan untuk dengan cepat melepas ranjau limpet yang tidak meledak," kata Pentagon dalam sebuah pernyataan yang menyertai gambar tersebut.

AS merilis sebuah video hitam putih kasar minggu lalu yang dikatakannya menunjukkan orang-orang Iran melepas ranjau itu. Tetapi AS belum memberikan penjelasan mengapa mereka diduga melakukannya ketika militer AS berada di daerah itu.

Gambar-gambar yang dirilis Senin menunjukkan situs tempat ranjau yang tidak meledak itu diduga dilampirkan. Orang Iran di kapal patroli dikatakan telah melepasnya sementara perangkat lain meledak. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More