Melepas Kangen di Kuliner Blok S

Penulis: Suryani Wandari Pada: Selasa, 18 Jun 2019, 17:30 WIB Weekend
Melepas Kangen di Kuliner Blok S

MI/Suryani Wandari
Berbagai jajanan di Blok S, Jakarta.

LAMANYA libur lebaran kerap membawa kangen suasana kota, termasuk kulinernya. Jika anda juga sudah rindu berbagai jajanan ibu kota maka bisa melepasnya di pusat jajan Blok S.

Terletak di pinggir lapangan bola di Jalan Suryo, Jakarta Selatan, tempat jajan ini sudah ada sejak era 70-an. Dari semula hanya terkenal dengan Bakso Kumis, tempat tersebut menjadi pusat kuliner karena kehadiran berbagai pedagang lainnya.  

Saat Media Indonesia berkunjung Selasa (18/6), tempat jajan ini tampak sudah mulai ramai. Hampir seluruh pedagang di 40 kios yang ada telah kembali berjualan.

Pertama yang harus dinikmati untuk melepas kangen kuliner kota, tentunya adalah Bakso Kumis. Cara menemukan kiosnya mudah saja, yakni ada dua panci berukuran besar dengan satu gerobak dan satu meja yang menghimpitnya. Panci itu berisi rebusan bakso besar dengan kuahnya yang menggiurkan.

Saat akan memesan, jangan lupa ambil mangkuk yang ada di atas meja terlebih dahulu, jika tidak penjual akan mengira kita memesan untuk dibawa pulang. Jangan lupa menambahkan beragam bumbu seperti garam, irisan seledri, sambal hijau, kecap dan saos yang diracik sendiri.

Bakso besar yang empuk dan gurih akan menghampirimu. Namun jangan heran, di mangkukmu tak akan tersedia komponen lainnya seperti mie, soun, toge ataupun sayur. Meskipun begitu, keuntungannya kamu akan fokus meniksmati dengan puas baksomu.  Disini, tak ada itungan seporsi, pengunjung bisa membelinya berapa pun dalam satu mangkok. Yang pasti penjual membandrol Rp 10 ribu per butirnya.

Kudapan lain, anda bisa memilih Sate Madura H. Husain. Masih tak berbeda dengan sate lainnya, hidangan ini menyajikan tusukan daging ayam dan sapi yang dibakar kemudian disiram dengan sambel kacang yangkental dan guring dengan pilihan nasi ataupun lontong sebagai temannya.

Jika ingin coba, kudapan lain anda bisa coba Nasi Kebuli Warung Marwah.  Apalagi kudapan dari Timur tengah ini tren saat moment Ramadhan kemarin.  Ada dua varian kebuli yang disajikan yakni ayam dan kambing. Sebenarnya, tampilannnya ini mirip nasi goreng yang disajian dengan taburan bawang goreng, kerupuk, emping, dan tak lupa potongan ayam atau kambing. Meski begitu, citarasa yang dihadirkaan cukup kuat dari pengguaan rempah dan penyedap kambing.

Yang terakhir sekaligus pencuci mulut saya pilih yang dingin, Es Podeng Mia. Es ini sebenarnya minuman tradisional maruda yang banyak ditemui di pinggir jalan.

Dengan harga Rp.10 ribu, anda sudah bisa menikmati berbagai komponen sekaligus didalam mulut. Ada es bercita rasa kelapa dengan tambahan jeli, alpukat, ketan dan  potongan roti. Bahkan tampilan dan rasanya semakin menarik kala diberi taburan meses dan kacang dengan siraman susu coklat. Meskipun banyak komponen, es ini memiliki tingkat kemanisan yang pas dan tak bikin eneg. (M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More