Ratna Sarumpaet Mengaku Siap Jalani Sidang Pleidoi

Penulis: Rifaldi Putra Irianto Pada: Selasa, 18 Jun 2019, 10:20 WIB Politik dan Hukum
Ratna Sarumpaet Mengaku Siap Jalani Sidang Pleidoi

ANTARA/Aprillio Akbar
Ratna Sarumpaet (kanan)

TERDAKWA kasus penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet mengaku siap membacakan nota pembelaanya pada sidang pleidoi yang akan digelar hari ini, Selasa, (18/6), di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Ratna yang mengenakan baju putih dibalut rompi tahanan berwarna merah terlihat tiba di PN Jakarta Selatan. Terlihat pula petugas kejaksaan negeri mendampingi Ratna memasuki Gedung PN Jakarta Selatan.

"Ya siap secara moril saja, ya saya ada pembelaan pribadi, " kata Ratna, di PN Jakarta Selatan, Selasa (18/6).

Ia mengaku tidak mengalami kendala dalam menyiapkan nota pembelaanya

"Ya engga, saya biasa nulis, tapi kan saya buatnya engga sebagai ahli hukum, saya membuatnya sebagai saya aja," jelasnya.

Baca juga: Jalani Sidang Pleidoi, Ratna Sarumpaet Berharap Bebas

Namun, saat ditanya mengenai poin-poin yang akan disampaikan dalam sidang nanti ia enggan membocorkan poin-poin tersebut.

"Ya denger nanti aja deh," ucapnya.

Sebelumnya, untuk menghadapi sidang pleidoi pihak kuasa hukum Ratna Sarumpaet telah menyiapkan pembelaan setebal 108 halaman.

"Kami sudah siap menyatakan pleidoi. Ada 108 halaman pledoinya," kata Kuasa Hukum Ratna, Desmihardi di Polda Metro Jaya, Senin (17/6).

Pembelaan setebal 108 halaman itu merupakan pembelaan dari kuasa hukum Ratna. Menurut Desmihardi, kliennya memiliki pembelaan tersendiri.

Atas kasus berita bohong yang menjerat Ratna, JPU menuntut aktivis itu dengan hukuman enam tahun penjara.

Jaksa mendakwa Ratna dengan Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana karena dianggap telah menyebarkan berita bohong untuk membuat keonaran. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More