Senin 17 Juni 2019, 18:50 WIB

Yasonna Sebut Setnov Kelabui Petugas

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
Yasonna Sebut Setnov Kelabui Petugas

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

 

MENTERI Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan Setya Novanto mengelabui petugas lapas Sukamiskin yang bertugas mengawalnya berobat ke rumah sakit. Novanto, kata Yasonna, mengatakan akan membayar administrasi rumah sakit kepada petugas namun malah menghilang.

"Ternyata tidak balik, staf ini langsung menelpon ke lapasnya, ini ada masalah yang bersangkutan tidak kembali, koordinasi Kalapas, lapor ke Kakanwil," ujar Yasonna di gedung DPR, Jakarta, Senin (17/6).

Yasonna berdalih semua pihak dalam hal ini hanya korban dari kelicikan Novanto. Baik staf lapas Sukamiskin yang mendampingi maupun petugas lapas lain yang saat ini menjadi sorotan. Ia bersikeras apa yang dilakukan staf lapas Sukamiskin terkait perginya Novanto tidak melanggar aturan yang berlaku.

"Seharusnya kasian anak-anak ini kan jadi korban dia. Artinya protap sudah ada, dia merasa 'udahlah kalau bayar bill aja tidak apa-apa' rupanya kita tahu belakangan sudah ada mobil menunggu, tampaknya memang sudah direncanakan juga," tutur Yasonna.

Baca juga: Kemenkumham Jamin Setnov tak akan Pelesiran Lagi

Ia mengatakan telah menerima masukan dari berbagai pihak terkait kasus tersebut. Termasuk dari Komisi III DPR yang meminta evaluasi menyeluruh soal penetapan lapas Sukamiskin sebagai satu-satunya lapas bagi koruptor. Ia akan mengkaji semua masukan yang diterima.

"Saya pikir ini menjadi penting untuk evaluasi kembali. Penempatan di semua tempat," ungkapnya.

Saat ini, penempatan Novanto di Lapas Gunung Sindur dianggap sebagai hal yang paling baik dilakukan. Pengamanan ekstra ketat di lapas Gunung Sindur diyakini akan membuat Novanto tidak bisa berulah kembali.

"Itu bukan apa-apa, untuk high risk. Untuk sementara kita tempatkan di situ. Orang tanya, kenapa high risk ya itu high risk gimana mau melarikan diri," pungkasnya.

Seperti diketahui, Setya Novanto dipindah ke penjara dengan pengamanan maksimum di Gunung Sindur, Bogor. Pemindahan tersebut karena sebelumnya beredar foto Novanto tengah berada di sebuah toko bangunan di Kota Bandung. Padahal Setya Novanto saat itu tengah izin berobat ke salah satu rumah sakit di Bandung.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Istana: Pidato Presiden Wujud Pelaksaan UUD

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 11:51 WIB
Pidato Presiden pada dasarnya adalah wujud pelaksanaan sumpah jabatan Presiden untuk menjalankan Pancasila, Mukadimah UUD 1945 dan Batang...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pengamat Sebut Pidato Presiden Memberi Semangat pada Masyarakat

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 11:42 WIB
Pangi mengatakan, secara keseluruhan isi pidato tersebut sangat menginspirasi dan memberikan semangat kepada semua unsur...
DOK DPR RI

Sektor Pendidikan Tak Tersentuh Anggaran Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 11:00 WIB
Dari Rp405,1 triliun anggaran penanggulangan Covid-19, tak ada alokasi untuk sektor pendidikan. Padahal, sektor pendidikan mendapat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya