Senin 17 Juni 2019, 17:55 WIB

Magang Kerja? Ini 10 Keterampilan Berharga

Thalatie K Yani | Weekend
Magang Kerja? Ini 10 Keterampilan Berharga

dok. 123rf
ilustrasi kerja

Bagi kamu yang kuliah sambil bekerja, tentunya memiliki tantangan tersendiri. Namun anda akan mendapatkan keuntungan dari sejumlah keterampilan yang didapatkan. Berdasarkan rilis yang diterima Media Indonesia dari Jobstreet, ada 10 keterampilan berharga yang bisa didapatkan ketika kuliah sambil bekerja.

Terutama mereka yang bekerja berhadapan dengan pelanggan. Seperti kasir, sales, ritel, barista, pelayan, dan pengiriman makanan. Berikut keuntungannya.

1. Layanan pelanggan
Layanan pelanggan tidak hanya sesuai bagi mahasiswa yang berencana  melakoni profesi yang berhadapan dengan pelanggan. Jika Anda melihat diri Anda bekerja di perusahaan komersial apa pun yang menjual produk atau layanan, Anda akan bersyukur memiliki pengalaman menangani pelanggan.

2. Komunikasi
Keterampilan komunikasi tidak terbatas pada keterampilan bahasa. Anda bisa menjadi komunikator yang baik dengan memberikan update tentang status tugas anda kepada anggota tim dan atasan. Menjaga komunikasi anda dengan singat dan jelas. Miskomunikasi dapat menyebabkan kesalahan yang merugikan dan menjadi masalah operasional jika dibiarkan tidak terkendali.

3. Akuntabilitas (Dapat Diandalkan)
Bekerja menangani uang tunai dalam usaha ritel atau makanan dan minuman menjadi cara yang bagus mempelajari akuntabilitas. Jika terbiasa mengelola uang tunai, memberikan kesan anda bisa diandalkan kepada calon pemberi kerja.

4. Bekerja di bawah tekanan
Mereka yang berhadapan dengan pelanggan tentunya harus tenang dan menguasai diri bila masalah muncul. Pelanggan marah dan menyerang anda bila pelayanan buruk sangat mengintimidasi. Menghadapi hal itu, anda harus 'kebal' dan memegang kendali sampai situasi reda.

5. Pemecahan masalah yang kreatif
Saat Anda dihadapkan dengan pelanggan yang frustrasi dan tidak bahagia, Anda merasa ingin segera menuntaskan masalah dengan kreatif dan menghadirkan solusi saat itu juga. Ini cara yang bagus untuk menguji kemampuan Anda untuk berpikir dan mengasah insting kreatif Anda.

Sementara, bagi mereka yang kerja paruwaktu atau penjualan daring, ini keuntungannya.

6. Branding
Ketika Anda memberikan layanan freelance atau menjalankan toko daring, Anda menyadari branding memainkan peran penting dalam membangun basis pelanggan Anda. Ini termasuk logo dan desain situs web, serta nilai-nilai merek yang jelas dan pesan yang konsisten untuk menggambarkan identitas merek yang kuat.

7. Pemasaran web
Internet membuat dunia menjadi kecil karena menghilangkan batas geografis, tapi juga bising. Sehingga perlu praktik pemasaran web yang benar. Seperti memilih templat desain yang tepat untuk menampilkan produk dan/atau layanan Anda, memposting blog reguler dengan konten yang bermakna dan bermanfaat, dan pemasaran media sosial.

8. Keterampilan wirausaha
Menjadi bos bagi diri sendiri akan membuat anda belajar bisnis dari bawah ke atas. Keterampilan ini mencakup pengembangan produk dan layanan, penetapan harga, penjualan, branding, dan pemasaran (seperti yang dijelaskan di atas), layanan pelanggan, dan logistik (jika Anda berurusan dengan produk fisik).

9. Manajemen ekspektasi pelanggan
Kunci kepuasan pelanggan terletak pada manajemen ekspektasi pelanggan. Misi Anda tidak janji berlebihan dan memberikan lebih dari yang kita janjikan, dan dijamin pelanggan Anda akan bahagia setiap saat.

10. Manajemen waktu
Menjadi freelancer memiliki ujian disiplin dan manajemen waktu. Anda memutuskan kapan Anda ingin bekerja dan seberapa banyak Anda ingin bekerja. Itu semua luar biasa, kecuali ketika Anda berjanji untuk memberikan layanan pada tanggal tertentu, pelanggan Anda akan memegang janji itu. Gagal memenuhi yang dijanjikan dan reputasi (dan bisnis) Anda akan mengalami masalah.

Baca juga: Ketika Ikan Bersolek Di Depan Cermin
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More