Jepang Apresiasi Pemerintah Indonesia Terkait Blok Masela

Penulis: Atikah Ishmah Winahyu Pada: Senin, 17 Jun 2019, 16:50 WIB Ekonomi
Jepang Apresiasi Pemerintah Indonesia Terkait Blok Masela

ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Mantan PM Jepang Yasuo Fukuda

MANTAN Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang telah menyelesaikan pengkajian pengembangan proyek minyak dan gas Blok Masela di Maluku. 

Pria yang kini menjabat sebagai Presiden Asosiasi Jepang-Indonesia itu menyampaikan apresiasinya saat menerima kunjungan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan beserta utusan Presiden untuk Jepang Rachmad Gobel dan Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto di Gedung Parlemen Jepang, Tokyo, Senin (17/6).

Berlanjutnya pengembangan lapangan abadi dinilai tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan Jepang, Inpex sebagai pelaksana proyek, tetapi juga masyarakat Jepang secara keseluruhan.

"Atas nama masyarakat Jepang, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kerja keras yang dilakukan Menteri Jonan untuk menyelesaikan pengembangan Blok Migas Masela yang sempat tertahan beberapa tahun,” kata Fukuda dalam pernyataan resmi, Senin (17/6).

Seperti yang diketahui, sehari sebelumnya Jonan bersama Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang Hiroshige Seko menyaksikan penandatanganan head of agreement (HoA) atau perjanjian pendahuluan antara Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, Presiden Inpex Indonesia Shunichiro Sugaya dan President & CEO Inpex Corporation Takayuki Ueda di Karuizawa untuk proyek pengembangan eksploitasi Blok Masela yang akan menelan biaya lebih dari US$18,5 miliar.

Jonan berharap plan of development (POD) untuk kelanjutan pengembangan Blok Masela dapat diserahkan di depan Presiden Joko Widodo dan PM Shinzo Abe pada Konferensi Tingkat Tinggi G-20 di Osaka Jepang pada 28 Juni mendatang. Selain itu, Menteri ESDM berharap Fukuda dapat mendorong Pemerintah Jepang untuk menjadwalkan penyerahan POD Blok Masela tersebut karena akan menjadi simbol penting bagi peringatan 60 tahun hubungan Indonesia dan Jepang.

Menurut Jonan, proyek Blok Masela akan menjadi momentum baik bagi Indonesia karena merupakan investasi terbesar sejak 1967. Diharapkan dengan berlanjutnya proyek Masela arus investasi ke Indonesia akan semakin deras. (A-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More