Minggu 16 Juni 2019, 14:36 WIB

Belasan Rumah Rusak Berat Diterjang Angin Puting Beliung

Puji Santoso | Nusantara
Belasan Rumah Rusak Berat Diterjang Angin Puting Beliung

MI/DEPI GUNAWAN
ilustrasi -- bencana puting beliung yang merobohkan rumah warga

 

BELASAN rumah di Kabupaten Asahan, Sumatra Utara mengalami rusak berat akibat diterjang angin puting beliung, Sabtu (15/6) sekira pukul 15.30 WIB. Tidak hanya itu, 36 pohon ikut tumbang dan aliran listrik PLN di empat titik lokasi juga terputus.

"Sedikitnya 11 unit rumah di lima dusun mengalami kerusakan dan sejumlah pepohonan bertumbangan," kata Kabid Kedaruratan BPBD Asahan, Khaidir Sinaga yang dihubungi, Minggu (16/6).

Dia menjelaskan wilayah yang terdampak angin puting beliung yakni di lima dusun tepatnya di Desa Suka Makmur.

"Adapun rumah warga yang rusak yakni 3 unit rusak ringan, 8 rumah mengalami rusak berat. Selain itu, kandang ayam dan kandang ternak bebek milik warga juga rusak akibat puting beliung," ujarnya.

Baca juga:Pascakejadian Puting Beliung, DLHK Kota Depok Data Korban

Dia menambahkan angin puting beliung berlangsung sekitar 1 jam. Selanjutnya hujan gerimis terjadi tidak disertai angin kencang.

"Aktivitas masyarakat yang rumahnya tertimpa pohon dan diterpa angin puting beliung terganggu," ujarnya.

Menurutnya, sejumlah anggota Tim BPBD Kabupaten Asahan bersama perangkat Kecamatan Pulo Bandring dan Pemdes beserta Babinsa Suka Makmur melakukan kaji cepat dampak serta kerusakan di lokasi kejadian.

"Tim melakukan evakuasi dan pembersihan pohon tanaman keras yang tumbang dan menimpa bangunan milik warga dan telah menyerahkan bantuan logistik pemenuhan kebutuhan dasar kepada korban terdampak bencana," katanya. (A-4)

Baca Juga

MI/SUMARYANTO

Kaldera Toba Jadi Geopark Dunia

👤Van/X-7 🕔Kamis 09 Juli 2020, 05:09 WIB
Kaldera Toba berhasil masuk daftar UNESCO setelah dinilai dan diputuskan oleh UNESCO Global Geoparks Council pada Konferensi Internasional...
Antara

Gelar Rapid test, Delapan Dosen Unhas Reaktif

👤Lina Herlina 🕔Rabu 08 Juli 2020, 23:37 WIB
Dosen-dosen yang reaktif tersebut segera ditangani oleh dokter, dan diminta untuk melakukan isolasi mandiri. Selanjutnya, mereka akan...
MI/Reza Sunarya

Taman Air Mancur Sribaduga Situ Buleud Purwakarta

👤Reza Sunarya 🕔Rabu 08 Juli 2020, 22:30 WIB
Gara-gara warga tidak mematuhi protokol kesehatan covid-19, Pemkab Purwakarta menutup kembali Taman Air Mancur Sribaduga Situ Buleud...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya