Minggu 16 Juni 2019, 18:15 WIB

Warga keluhkan Aroma tidak Sedap di Waduk Pluit

Rifaldi Putra Irianto | Megapolitan
Warga keluhkan Aroma tidak Sedap di Waduk Pluit

MI/PIUS ERLANGGA
Warga memancing di depan tanaman enceng gondok yang memenuhi Waduk Pluit, Jakarta.

 

PENDANGKALAN yang terjadi di Waduk Pluit Jakarta mengakibatkan bau tidak sedap. Warga yang sedang bersantai mengisi libur akhir pekan di pinggir Waduk Pluit mengeluhkan aroma tidak sedap tersebut.

Dalam pantauan hari ini, Minggu (16/6), sekelompok pengunjung yang tengah bersantai dengan beralaskan tikar di bawah teduhnya pohon di kawasan tersebut mengaku merasa tidak nyaman dengan aroma yang tidak sedap.

"Airnya lagi dangkal ya, makanya bau gini, lumayan ganggu sih. Padahal belain ke sini buat kumpul-kumpul santai bareng keluarga, " kata Idham, 30, di kawasan Waduk Pluit, Jakarta, Minggu (16/6).

Ia mengaku hanya bisa mengeluh dan menahan aroma tidak sedap tersebut menghapiri indra penciumannya.

"Ya mau gimana lagi. Saya kuat-kuatin, ini seharusnya nggak gini (sedimen menumpuk). Kalau dikelola dengan bagus kan bisa jadi tempat hiburan akhir pekan, " tegasnya.

Baca juga: Anies Sebut Pendangkalan Waduk Pluit karena Perawatan

Sementara itu, salah seorang pemilik kios makanan, di kawasan Waduk Pluit, Suwanto, 48, juga mengeluhkan pendangkalan waduk, yang mengakibatkan aroma tidak sedap.

"Udah beberapa minggu ini baunya memang tidak sedap, dari kemarin juga banyak pembeli yang mengeluhkan, " jelasnya.

Namun ia mengaku, hal tersebut tidak terlalu menganggu pembeli yang mencicipi dagangannya.

"Kalau yang beli sih alhamdulillah ada aja, tapi ya gitu suka pada ngeluh soal bau, sama kadang lebih milih dibawa pulang, dari pada makan di sini," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bau yang ditimbulkan di Waduk Pluit bukan merupakan kurangnya perhatian perawatan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

"Sebenarnya itu sesuatu yang sudah dikerjakan sejak April kemarin, kan ada proses pendangkalan sendimentasi, lalu kemudian dilakukan pengerukan, dan untuk melakukan pengerukan memang airnya harus berkurang. Jadi air berkurang itu bukan karena tidak dirawat namun karena mau dirawat dan dilakukan pendalaman, " kata Anies.

Kondisi Waduk Pluit yang seperti ini juga mendapat perhatian Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Lewat akun Twitter @susipudjiastuti, Susi ia me-repost sebuah berita tentang kondisi Waduk Pluit pada Senin (10/6) siang. (OL-2)

Baca Juga

MI/Susanto

MRT Jakarta Siap Jadi Model Transportasi di Masa New Normal

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 27 Mei 2020, 10:31 WIB
“Kita sangat ketat menerapkan prinsip social distancing. Semua pengguna jasa harus melewati pemeriksaan suhu, pengaturan jarak...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pemprov DKI Dapat Rp75 Juta dari Perusahaan Pelanggar PSBB

👤Kautsar Bobi 🕔Rabu 27 Mei 2020, 08:17 WIB
Besar kecil denda yang diberikan didasarkan pada tingkat pelanggaran yang dilakukan...
MI/Susanto

Kualitas Udara Ibu Kota Membaik

👤MI 🕔Rabu 27 Mei 2020, 00:55 WIB
LIBUR Idul Fitri berdampak positif bagi kualitas udara Ibu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya