Minggu 16 Juni 2019, 07:57 WIB

Uskup Agung Paris Pimpin Misa Pertama di Notre Dame

Marcheilla Ariesta | Internasional
Uskup Agung Paris Pimpin Misa Pertama di Notre Dame

AFP/Karine PERRET
Uskup Agung Paris Michel Aupetit memimpin misa pertama di Notre Dame pascakebakaran melanda ikon Kota Paris itu, dua bulan lalu.

 

KATEDRAL Notre Dame, Sabtu (15/6), menggelar misa pertama usai kebakaran hebat melanda salah satu bangunan bersejarah di Prancis tersebut, dua bulan lalu.

Misa yang dipimpin Uskup Agung Paris Michel Aupetit digelar dalam skala kecil. Keamanan menjadi alasan utama mereka.

Para jemaat juga diimbau mengenakan topi atau penutup kepala guna mengantisipasi debu atau sisa-sisa material kecil bangunan. Namun, para pemimpin ibadah tetap mengenakan pakaian pelayanan mereka.

"Hanya dihadiri sekitar 30 orang, setengah dari mereka adalah pastor," lapor jurnalis dari TV Katolik KTO, yang dikutip The Telegraph.

Misa itu berlangsung pukul 18.00 waktu setempat di Kapel Perawan sisi timur katedral.

Baca juga: Organ Katedral Notre Dame Selamat dari Kebakaran

Rektor Notre Dame Patrick Chauvet, sukarelawan, dan orang-orang yang bekerja untuk pembangunan katedral itu akan bergabung dalam misa.

Sabtu (15/6) dipilih sebagai misa pertama karena merupakan peringatan pentahbisan altar katedral.

"Tanggal tersebut sangat signifikan secara spiritual. Saya sangat senang dapat menunjukkan bahwa Notre Dame benar-benar hidup," ungkap Chauvet.

Meski menggelar misa pertama, Notre Dame masih menunggu izin dari pemerintah Prancis untuk membuka katedral itu kembali kepada publik.

Presiden Prancis Emmanuel Macron secara ambisius menetapkan pemulihan Notre Dame akan selesai pada lima tahun ke depan. Macron telah meminta bantuan internasional untuk membangun kembali Notre Dame, salah satu ikon ternama Prancis. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More