Minggu 16 Juni 2019, 03:50 WIB

Kala Pendidikan Finlandia Bertemu Nilai Asia

Suryani Wandari Putri mediaanak@mediaindonesia.com | Weekend
 Kala Pendidikan Finlandia Bertemu Nilai Asia

MI/WANDARI
Kak Yulianti Gunawan, CEO Kidventure Academy, sedang menjelaskan setiap ruangan

TAICHING: Belajar sambil bermain? Kenapa tidak. Konsep belajar sambil bermain itu menjadi inti dari Kidventure yang mulai beroperasi Juli mendatang.

SETIAP orang yang hadir wajib mengenakan helm konstruksi, rompi keselamatan, dan senter. Tidak terkecuali Medi, saat berkunjung ke bangunan sekolah yang dalam proses pembangunan. Belum ada meja ataupun kursi seperti sekolah pada umumnya. Pasti sobat Medi sudah tahu fungsi peralatan yang Medi kenakan bukan? Ya, peralatan itu untuk melindungi tubuh kita dari benda jatuh dan lainnya.

Meski belum ada apa-apa, Medi sudah terbayang bagaimana sekolah bernama Kidventure Academy Preschool di Kensington Royal Suites, Kelapa Gading, ini nantinya yang berkonsep teknologi canggih lo. "Tepat di bagian ini, akan ada lobby sekaligus ruang tunggu bagi orangtua. Ada pula perpustakaan dan lab dengan tekologi canggih sebagai media belajar," kata Kak Yulianti Gunawan, CEO Kidventure Academy, menjelaskan setiap ruangan pada Kamis (9/5).

Menurut Kak Yulianti, sekolah ini akan rampung dibangun akhir Juni ini dan siap digunakan pada Juli depan lo. Berkolaborasi dengan ACE Edventure Group dari Malaysia yang merupakan pelopor pendidikan nonkonvensional yang mengutamakan kegembiraan, program belajar mengajar ini menghadirkan pendidikan dari Finlandia-Asia berbasis kewirausahaan untuk anak-anak usia 2-6 tahun.

"Pendidian di Finlandia melibatkan banyak permainan. Tapi saat bermain itu mereka tidak sadar bahwa mereka juga sedang belajar. Kami gabungkan pendidikan di Finlandia dengan nilai-nilai yang dianut di Asia," kata Kak Anne Tham, CEO dan Edupreneur ACE Edventure.

Oh ya sobat, selain dipakai saat pembangunan sekolah, kostum helm, dan seragam keselamatan juga akan dikenakan saat proses belajar mengajar berlangsung lo. Bukan hanya itu, akan ada kostum ilmuwan, dokter, dan lainnya seperti konsep adventure atau pertualangan, mengeksplorasi, dan sebagainya, seru kan sobat? (M-3)

4 negara dengan pendidikan terbaik

Pendidikan ialah salah satu hal yang penting bagi kehidupan seseorang. Bahkan bagi kemajuan dan perkembangan sebuah bangsa. Sebuah bangsa yang maju dan besar tentu ditunjang dengan kualitas pendidikan yang memadai bagi warganya. Inilah negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

1. Korea Selatan

Korea Selatan menempati posisi pertama dalam hal pendidikan terbaik. Sistem pendidikan di Korea Selatan ialah 6-3-3-4, yang terdiri atas 6 tahun SD, 3 tahun SMP, 3 tahun SMA, dan 4 tahun perguruan tinggi. Mirip di Indonesia ya, tetapi Korea Selatan memberlakukan lama belajar selama 7 hari kerja.

Libur yang diberikan setiap sekolah pun tergolong lama. Sekolah di Korea Selatan akan diliburkan pada musim panas, musim dingin, dan musim semi. Yang hebat, tingkat melek huruf total ialah 97,9% dengan komposisi laki-laki 99,2% dan 96,6% perempuan. Hebat kan sobat?

2. Jepang

Selain dikenal dengan bangsa yang sangat menghargai tradisi, Jepang pun memiliki pendidikan yang bagus. Sistem pendidikan di Jepang mengacu pada sistem pendidikan Amerika, tetapi Jepang juga tidak mengenal ujian kenaikan kelas. Sistemnya setiap siswa yang telah menyelesaikan proses belajar di kelas satu otomatis akan langsung naik ke kelas dua, demikian seterusnya.

Ujian akhir sekolah pun tidak ada lo, artinya siswa yang telah berhasil menyelesaikan SD langsung bisa mendaftar ke SMP. Namun, untuk siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA harus mengikuti ujian masuk.

3. Singapura

Negara tetangga Indonesia ini memang memiliki pendidikan bergengsi dengan kualitas internasional yang baik. Bahkan universitas terbaik Asia berada di Singapura lo, sehingga banyak orang Indonesia yang sekolah di negara ini.

Didapuknya menjadi negara dengan pendidikan terbaik karena Singapura dikenal sangat fokus dalam mengembangkan pendidikan dasarnya yang kuat dan maju. Bahkan proses mengajarnya menganut sistem para siswa dituntut harus mengajukan pertanyaan dan mencari jawabannya dengan cara memecahkannya secara bersama-sama.

4. Finlandia

Negara ini termasuk memiliki sistem pendidikan terbaik, bahkan beberapa tahun peringkatnya bertahan paling atas. Bahkan survei global mengatakan, Finlandia disebut sebagai negara dengan kualitas hidup nomor satu di dunia.

Pemerintah ikut terjun langsung dalam mengawasi sistem pendidikannya.

Sedikitnya ada 5 hal yang menjadikan Finlandia sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia peringkat pertama, yaitu pilihan sekolah sedikit dan semuanya dikelola pemerintah, tidak ada PR, tidak ada ujian nasional, kurikulum pendidikan fleksibel, dan guru berkualitas.

Anak terpintar di dunia

1. Alexis Martin

Di usianya yang masih tiga tahun, Alexis Martin sudah diterima di klub intelektual eksklusif dan menjadi orang termuda di negara asalnya, Arizona. Tak hanya itu, saat berusia dua tahun, Alexis sudah pandai membaca dan belajar bahasa Spanyol sebagai bahasa keduanya. Diperkirakan IQ-nya sekitar 160 untuk anak seusianya.

2. Adam Kirby

Dia terkenal karena kemampuannya untuk mengeja lebih dari 100 kata, memahami peta, dan tata surya. Bahkan ia mampu menghitung angka dari 0-1.000 dalam beberapa bahasa berbeda. Pada 2013, ia sudah masuk ke Mensa (organisasi untuk orang-orang ber-IQ tinggi).

3. Sherwyn Sarabi

Anak berumur 4 tahun ini diyakini memiliki kejeniusan menyaingi Bill Gates dan Stephen Hawking dengan IQ 160. Ia sudah belajar membaca ketika usia 10 bulan. Saat dua tahun, Sarabi masuk sekolah lebih awal dan menguasai materi untuk siswa 9 tahun. Di usia 3 tahun ia diterima di Mensa.

4. Akrit Jaswal

Anak yang berasal dari India ini sangat mengejutkan publik. Saat Akrit berumur 7 tahun ia telah melakukan pembedahan kepada seorang gadis yang menderita luka bakar di tangannya. Saat ini, ia tercatat sebagai dokter paling muda di dunia. Ia diterima di universitas pada usia 11 tahun.

5. Kim Ung-yong

Lahir pada 1962, anak dari Korea ini dinobatkan sebagai manusia jenius di seluruh dunia. Pada umur 4 tahun, dia sudah bisa membaca huruf Jepang, Korea, Jerman, dan Inggris. Setahun kemudian ia mampu memecahkan masalah pada soal kalkulus. Ia bahkan telah mencatatkan dirinya pada Guinness Book of World Records dengan 'Highest IQ' 210.

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More