Minggu 16 Juni 2019, 02:50 WIB

Refleksi Nasionalisme Bocah-Bocah Atambua

MI | Weekend
Refleksi Nasionalisme Bocah-Bocah Atambua

Dok. ALENIA PICTURES
Film Rumah Merah Putih

SEUSAI vakum beberapa tahun belakangan, Alenia Pictures kembali menghiasi dunia layar lebar Indonesia melalui film berasa nasionalis. Kali ini, mereka mencoba memperlihatkan ‘rasa cinta Tanah Air’ melalui kisah anak-anak yang hidup di perbatasan Indonesia atau lebih tepatnya di antara Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Timor Leste. 

Rumah Merah Putih menceritakan Farel dan Oscar yang tinggal di pinggiran Atambua dan punya cinta terhadap Tanah Air yang mendalam. Beserta kedua temannya, Anton dan David, mereka juga tampak antusias mengikuti lomba panjat pinang yang meriah. Walakin, dinamika persahabatan anak-anak itu cukup terlihat kala mereka alih-alih kompak, justru memperdebatkan hadiah mana yang harus diambil. Walhasil, mereka gagal dan menyalahkan satu sama lain. 

Masalah merumit tatkala dua kaleng cat merah-putih milik Farel hilang. Takut dimarahi ayahnya, Farel, Oscar, dan teman-temannya kemudian berupaya mengumpulkan uang agar dapat membeli cat pengganti. Namun, mereka mendapati persediaan cat sedang menipis karena 17-an semakin dekat. Perjalanan Farel, Oscar, dan teman-temannya untuk merayakan hari ulang tahun kemerdekaan RI yang diperi­ngati setiap 17 Agustus itu, kemudian jadi plot utama.

Rumah Merah Putih merupakan film kesembilan Alenia Pictures. Film tersebut diproduksi pasangan Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen. Ari menjadi sutradara dan Nia sebagai produser. Sementara itu, skenario ditulis Jeremias Nyangoen.
Selain Pevita Pearce dan beberapa aktor dewasa, sejumlah karakter dalam Rumah Merah Putih diperankan anak-anak Nusa Tenggara Timur. Menurut Ari, anak-anak menjadi sumber inspirasi selama proses produksi. “Film ini tentang persahabatan anak-anak. Mereka menunjukkan kehidupan di perbatasan tak seperti yang orang pikirkan. Mereka bisa senang, dalam keadaan apa pun bisa bertahan hidup. Anak-anak ini bangga jadi orang Indonesia,” jelas Ari di Jakarta, bebe­rapa waktu lalu.

Rencananya, Rumah Merah Putih itu tayang di bioskop mulai 20 Juni mendatang. (*/M-2)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More