Novanto Hanya 'Singgah' di Lapas Gunung Sindur

Penulis: Dero Iqbal Mahendra Pada: Sabtu, 15 Jun 2019, 16:59 WIB Politik dan Hukum
Novanto Hanya

MI/Susanto
Setya Novanto

PINDAHNYA terpidana Kasus Korupsi KTP-e Setya Novanto (Setnov) dari Lapas Sukamiskin Bandung ke Lapas Gunung Sindur pada Jumat (14/6) malam disebut Kabag Humas Ditjen PAS Kementerian Hukum dan HAM Ade Kusmanto hanya bersifat sementara.

"Penempatan ini hanya sementara, selain itu pemeriksaan kepada petugas Setnov dan petugas masih akan dilakukan," tutur Ade saat dihubungi Sabtu (15/6).

Ia menjelaskan pihak Kementerian Hukum dan HAM masih terus melakukan pendalaman terkait penyalah gunaan wewenang dalam layanan rujukan rumah sakit di wilayah kota Bandung. Pendalaman itu sendiri saat ini dilakukan oleh petugas kantor wilayah Kumham Jabar.

Ade menjelaskan alasan pemindahan ke Gunung Sindur lantaran lapas tersebut merupakan lapas untuk teroris dengan pengamanan maksimum dengan one man one sell. Dengan pemindahan tersebut diharapkan Setya Novanto tidak lagi melakukan pelanggaran tata tertib lapas dan rutan selama menjalani masa pidananya.

Sedangkan terkait bagaimana cara Setya Novanto dapat melakukan pelesiran di luar lapas. Ade mengungkapkan sementara ini dugaannya karena petugas tidak menjalankan standar operasional prosedur dalam menjalankan tugasnya.

"Evaluasi sementara karna petugas tidak menjalankan tugasnya sesuai standar operasional prosedur. Masih dalam pendalaman dan pemeriksaan, namun jika terbukti akan diberikan sanksi tegas," tutur Ade.

Sebagaimana diketahui Novanto di Lapas Gunung Sindur akan ditempatkan pada sel dengan tingkat keamanan maksimum. Lapas Gunung Sindur disebut sebagai lapas untuk narapidana kelas kakap.Mayoritas narapidana dari perkara terorisme, narkoba skala besar maupun korupsi.

Sebelumnya, beredar sejumlah foto Setya Novanto yang diduga tengah plesiran di Kabupaten Bandung Barat pada hari Jumat. Foto yang beredar menunjukan sosok Setnov mengenakan topi dan masker tengah bersama seorang wanita yang diduga istrinya. Dalam foto tersebut, Setnov memakai kemeja lengan pendek putih dan celana panjang. Dari informasi beredar, Setnov dalam foto itu tengah berada di toko bangunan. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More