Senin 17 Juni 2019, 08:00 WIB

Dukung Kecerdasan Generasi Platinum

Fetry Wuryasti | Advertorial
Dukung Kecerdasan Generasi Platinum

123rf.com
Sarapan sehat untuk anak

ISTILAH 'Generasi Platinum' akhir-akhir ini mulai muncul sebagai pembeda dengan generasi-generasi sebelumnya. 'Generasi Platinum' bermakna sebagai sesuatu yang sangat bernilai, bahkan melebihi dari 'generasi emas'.

Generasi Platinum hadir di saat teknologi komunikasi sudah sangat maju sehingga mereka memiliki kemampuan yang tinggi dalam mengakses dan memanfaatkan teknologi tersebut. Generasi ini lebih memiliki kesempatan lebih baik untuk mengembangkan potensinya hingga menjadi manusia yang berkualitas serta produktif.

Sebagai orangtua pasti kita menginginkan si kemcil bisa menjadi bagian dari 'Generasi Platinum', yang tidak hanya dinilai dari bidang akademis, tetapi juga di bidang nonakademis.

Mereka ialah generasi yang siap untuk menjadi warga dunia yang multi-talented dan disebutkan mereka ialah anak-anak yang siap menghadapi masa depan dengan bekal fisik yang sehat, kecerdasan intelektual, emosi, dan spiritual.

Untuk membentuk generasi ini, banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh orangtua, seperti stimulasi, pola asuh, perawatan kesehatan yang baik, serta nutrisinya.

Dokter Kartika Mayasari seperti dikuti dari Klikdokter.com menjabarkan, pemberian nutrisi yang baik dapat membuat anak tumbuh kuat, sehat, dan memiliki perkembangan otak yang sempurna. Untuk memenuhi nutrisi ini, tidak cukup hanya mengandalkan teori yang ada, tapi juga harus memahami bahwa nutrisi yang penting untuk anak yang terbagi menjadi dua, yaitu makronutrien dan mikronutrien.

"Contoh dari makronutrien adalah karbohidrat, protein, dan lemak, sedangkan mikronutrien adalah vitamin dan mineral, seperti kolin, zat besi, vitamin A, C, D dan E," ujar dr Kartika.

Ada empat komponen utama yang harus diperhatikan untuk menunjang terbentuknya 'Generasi Platinum' ini. Pertama, nutrisi untuk otak (brain care), seperti lemak essensial AA/DHA, omega 3, 6, folat, kolin, zat besi, dan yodium.

Kedua, nutrisi untuk daya tahan tubuh optimal (body defense), yang memegang peran penting untuk menjaga anak tetap sehat, terhindar dari penyakit dan infeksi. Nutrisi yang dibutuhkan ialah semua komponen yang ada di ASI, seperti protein imunoglobulin, laktoferin, nukleotida, dan bifidus factor.

Ketiga, nutrisi untuk tumbuh optimal (body growth), yang memegang peran penting untuk pertumbuhan semua organ tubuh penting, tinggi dan berat badan yang optimal, seperti karbohidrat, lemak esensial, protein yang berkualitas, seperti alfa laktalbumin, kalsium, fosfat, dan vitamin D.

Keempat, nutrisi untuk kesehatan saluran cerna. Ini penting untuk menjaga semua makanan dan minuman yang dikonsumsi dapat diserap dengan baik dan juga agar melindungi dari bakteri yang jahat supaya tidak berkembang di saluran cerna.
Nutrisi yang dibutuhkan seperti prebiotik: FOS-GOS-inulin-laktulosa, dan probiotik bifidobakterium (triple bifidobakterium) yang memang dominan pada usus anak.

Khusus untuk probiotik mana yang lebih bagus, probiotik laktobasilus dibandingkan bifidobakterium, penelitian terakhir menyebutkan jenis probiotik bifidobakterium paling banyak dan dominan ditemukan di saluran cerna/usus 'si kecil'.

Di samping itu bifidibakterium ini juga mempunyai sifat yang bisa bertahan hidup di lingkungan yang anaerob (tanpa banyak oksigen) sehingga kebanyakan bifidobakterium ini bisa bertahan dan memberikan perlindungan buat si kecil sampai di usus besar.

Pada saat ini penggunaan probiotik bifidobakterium sudah semakin luas, baik untuk pengobatan maupun pencegahan karena diduga probiotik memberikan manfaat kesehatan buat si kecil. Seperti meningkatkan penyerapan nutrisi, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah infeksi, mengurangi infeksi dan gangguan saluran cerna seperti diare maupun konstipasi (sembelit) dan juga mempunyai efek mencegah dan mengurangi munculnya gejala alergi.

Nutrisi penunjang
Ia juga mengungkapkan tanda-tanda anak yang mengalami kurang nutrisi atau gizi buruk. "Tanda-tanda yang dapat Anda kenali di antaranya adalah kulit yang terlihat tidak sehat, seperti kering dan kusam, rambut yang kering dan mudah rontok, dan gusi yang mudah berdarah. Selain itu, anak juga biasanya kurang aktif," ujarnya.

Wawasan ini penting agar Anda dapat mendeteksi kondisi kurang nutrisi secara dini dan segera membawa anak untuk berkonsultasi dengan tenaga medis profesional.

Untuk menunjang tumbuh kembang anak, dukungan gizi yang mumpuni sangatlah penting. Kalbe Nutritionals bekerja sama dengan Morinaga Research Center Jepang menyajikan rangkaian produk Morinaga, yang mampu mendukung tumbuh kembang anak Anda.

Produk tersebut ialah Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma Triple Bifidus (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Platinum MoriCare Zigma Triple Bifidus (3-12 tahun) yang merupakan susu pertumbuhan yang hadir dengan sinergi nutrisi tepat.

Produk tersebut dilengkapi dengan nutrisi triple bifidus yang mampu meningkatkan faktor kecerdasan multitalenta yang mengoptimalkan penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar. Selain itu, mampu mendukung faktor pertahanan tubuh ganda yang meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit serta faktor tumbuh kembang optimal yang membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Selain itu, ada produk Morinaga Gold. Morinaga Gold terdiri atas Morinaga Chil Kid Gold (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Gold (4-12 tahun). Kandungan nutrisi dua produk tersebut terdiri atas kolin, asam lemak esensial AAL, zat besi, prebiotik laktulosa, laktoferin, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E sehingga dapat mengoptimalkan kecerdasan anak sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Ada juga Morinaga Soya MoriCare+. Produk tersebut terdiri atas rangkaian Morinaga Chil Kid Soya (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya (3-12 tahun). Keduanya merupakan susu pertumbuhan bergizi berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa, untuk mengatasi gejala alergi susu sapi pada anak yang sudah didiagnosis alergi susu sapi.

Kalbe juga memiliki rangkaian produk Morinaga P-HP MoriCare+, yaitu Morinaga Chil Kid P-HP yang merupakan susu pertumbuhan bergizi untuk anak usia 1-3 tahun, yang dapat mengurangi risiko alergi bagi anak yang berbakat alergi.

Selain itu, ada Morinaga Chil Kid P-HP mengandung protein susu sapi yang telah diolah secara enzimatik, sehingga lebih mudah dicerna dan mengurangi reaksi hipersensitivitas serta risiko alergi bagi anak yang memiliki riwayat alergi. Susu ini juga baik untuk mendukung pertumbuhan otak, daya tahan tubuh, dan tumbuh kembang optimal. (S1-25)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More