Jumat 14 Juni 2019, 16:25 WIB

China Airlines Diduga Buka Rute Domestik, Ini Penjelasan Kemenhub

Andhika Prasetyo | Ekonomi
China Airlines Diduga Buka Rute Domestik, Ini Penjelasan Kemenhub

ANTARA
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

 

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan hingga saat ini belum ada maskapai asing yang masuk ke pasar penerbangan domestik. Penegasan itu disampaikan untuk membantah kabar yang menyebutkan bahwa China Airlines sudah melayani penerbangan domestik Jakarta-Makassar.

Maskapai asal Taiwan itu memang menjual tiket untuk rute tersebut. Namun mereka hanya berperan sebagai marketing party dari Garuda Indonesia. Artinya, China Airlines hanya membantu menjual tiket milik Garuda, selaku operating party, demi memudahkan para penumpang asal Taiwan dalam memilih penerbangan. Dalam implementasinya, para penumpang akan menggunakan jasa Garuda Indonesia. Hal seperti itu sudah lazim digunakan di dunia penerbangan

Baca juga: Penjualan Eceran Alami Perlambatan Pertumbuhan

"Itu code share antara Garuda dengan maskapai itu," ujar Budi di kantornya, Jakarta, Jumat (14/6).

Code share merupakan bentuk kerja sama antara dua maskapai terutama yang berbeda negara.

Skema code share kerap diterapkan karena maskapai asing memiliki rute terbatas di negara lain. Dalam hal ini, China Airlines hanya melayani rute sampai Jakarta. Padahal, banyak penumpang dari Taiwan yang ingin melanjutkan perjalanan sampai ke Makassar, Denpasar atau kota-kota besar lainnya.

"Jadi China Airlines itu kan hanya sampai Jakarta, nanti penumpang yang mau lanjut ke Makassar atau kota lain bisa membeli melalui mereka tapi tetap naik Garuda Indonesia," ucap Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan.

Ikhsan menjelaskan kerja sama tersebut sedianya tidak hanya dijalin dengan China Airlines. Garuda Indonesia juga melaksanakan perjanjian serupa dengan 20 maskapai mancanegara yang tergabung dalam Sky Team. Adapun rute yang dibuka untuk code share pun tak hanya Jakarta-Makassar namun juga Jakarta-Medan, Jakarta-Denpasar dan sebagainya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More