Jumat 14 Juni 2019, 14:33 WIB

DPP Demokrat Bakal Pertimbangkan Usulan KLB

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
DPP Demokrat Bakal Pertimbangkan Usulan KLB

ANTARA
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Agus Hermanto.

 

PARTAI Demokrat akan mengkaji beberapa usulan senior partai Demokrat yang menginginkan agar segera ada penggantian Ketua Umum dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Mereka menginginkan agar pengurus Demokrat segera melakukan Kongres Luar Biasa (KLB) untuk membahas mengenai hal tersebut.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Agus Hermanto, mengatakan pengurus Demokrat memahami keinginan tersebut. Namun, pembahasan lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan langkah selanjutnya.

Baca juga: Politisi Senior Dorong AHY Pimpin Partai Demokrat

"Tentunya senior-senior itu kan menyampaikan suatu hal yang untuk perbaikan dari partai Demokrat. Ini sesuatu ide dan tentunya suatu pendapat yang tentunya harus diproses dan itulah yang harus disampaikan," ujar Agus, di gedung DPR, Jakarta, Jumat, (14/6).

Ia mengatakan bahwa untuk menentukan pelaksanaan KLB perlu pembahasan lebih jauh dengan seluruh unsur Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat. Selain itu juga harus menyesuaikan dengan aturan AD/ART partai.

Agus mengatakan, pengurus DPP saat ini sudah mempersiapkan hal-hal yang dilakukan untuk menindaklanjuti usulan terkait KLB tersebut. Termasuk perihal perolehan suaran Demokrat di Pileg 2019 yang dianggap menurun dan perlu dievaluasi. "Nanti tentu akan dibahas dengan detail secara komprehensif," ujar Agus.

Ia mengatakan memang ada penurunan suara pada Pileg 2019 bagi Demokrat. Namun, untuk menentukan penyebab pasti dan upaya memperbaiki masih harus dikaji lebih jauh.

Sebelumnya, beberapa senior Demokrat membentuk tim pengusul agar KLB Demokrat bisa segera dilakukan. Salah satu inisiator percepatan KLB, Max Sopacua, menjelaskan para senior prihatin dengan perolehan suara Partai Demokrat yang anjlok ke angka 7,7% pada Pileg 2019. Padahal, pada pemilu 2014 lalu perolehan suara Demokrat mencapai 10,9%.

Mereka juga menyoroti beberapa pengurus Demokrat saat ini yang kerap mengeluarkan pernyataan kontroversi. Mulai dari Rachland Nashidik, Ferdinand Hutahaean, hingga Andi Arief. (OL-6)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More