4 BUMN Indonesia Masuk Jajaran Perusahaan Terbesar Dunia

Penulis: Atalya Puspa Pada: Kamis, 13 Jun 2019, 20:20 WIB Ekonomi
4 BUMN Indonesia Masuk Jajaran Perusahaan Terbesar Dunia

antara
Menteri BUMN Rini Soemarno

EMPAT Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masuk dalam daftar perusahaan publik terbesar di dunia tahun ini versi majalah Forbes. Mereka adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan PT Bank Negara Indonesia Tbk. 

Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan, apresiasi dunia internasional yang diberikan kepada BUMN tersebut merupakan bukti keseriusan BUMN untuk selalu mewujudkan visi jangka panjang sebagai penyedia layanan dan memiliki kinerja yang terbaik.

"Saya sangat bangga dengan masuknya 4 perusahaan BUMN ke dalam daftar perusahaan publik terbesar di dunia versi majalah Forbes (majalah ekonomi dan bisnis yang bermarkas di Amerika Serikat). Peringkat Forbes ini menunjukkan bahwa BUMN Indonesia memiliki daya saing yang kuat dengan perusahaan top global lainnya," kata Rini, Kamis (12/6).

Untuk diketahui, Forbes merilis daftar 2.000 perusahaan publik global terbesar di dunia pada 2019. Perusahaan-perusahaan tersebut tersebar di 61 negara. Penetapan kriteria perusahaan publik global terbesar, mengacu pada ukuran kapitalisasi pasar, penjualan, laba, dan aset di 2018.

Dalam daftar tersebut, PT Bank BRI menempati posisi 363. Bank terbesar di Indonesia ini tercatat memiliki kapitalisasi pasar (market cap) sebesar US$38,8 miliar. Adapun nilai pendapatan mencapai US$9,4 miliar, perolehan laba US$2,3 miliar, dan aset US$ 90,2 miliar.

Sementara, PT Bank Mandiri masuk dalam posisi 481. Bank Mandiri mencatatkan pendapatan US$8 miliar, dengan perolehan laba US$1,8 miliar dan aset mencapai US$ 83,6 miliar. Adapun nilai kapitalisasi pasarnya sebesar US$25,9 miliar.

Berikutnya, PT Telkom Indonesia menempati posisi 747. Pendapatan perusahaan tercatat mencapai US$9,4 miliar dengan perolehan laba US$ 1,3 miliar dan aset US$13,8 miliar. Nilai kapitalisasi pasar perusahaan dilaporkan mencapai US$27,2 miliar.

Selanjutnya, PT Bank BNI yang berada pada posisi 835. Pendapatan bank ini tercatat US$4,9 miliar, dengan raihan laba US$ 1,1 miliar. Adapun asetnya yakni sebesar US$ 56,2 miliar dengan nilai kapitalisasi pasar US$13,1 miliar. (A-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More