Respons Surat Menkes, Menkominfo akan Tutup Konten Beriklan Rokok

Penulis: Dhika Kusuma Winata Pada: Kamis, 13 Jun 2019, 20:10 WIB Humaniora
Respons Surat Menkes, Menkominfo akan Tutup Konten Beriklan Rokok

antara
Sejumlah pelajar mengenakan topeng domba saat menggelar aksi #TolakJadiTarget iklan rokok di kawasan Silang Monas

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bergerak cepat menanggapi dari Surat dari Menteri Kesehatan mengenai permintaan pemblokiran iklan rokok di internet.

Juru bicara Kemenkominfo Ferdinandus Setu mengatakan Menkominfo Rudiantara telah menerima Surat Menteri Kesehatan kepada Menteri Kominfo RI No TM.04.01/Menkes/314/2019 pada Kamis (13/6) pukul 13.30 WIB.

Segera setelah menerima surat tersebut, Menkominfo Rudiantara langsung memberikan arahan kepada Ditjen Aplikasi Informatika untuk melakukan crawling atau pengaisan terhadap konten iklan rokok di internet.


Baca juga: Menkes Minta Kemenkominfo Blokir Iklan Rokok di Internet


"Tim Kemenkominfo langsung melakukan crawling dan menemukan 114 kanal (Facebook, Instagram, dan YouTube) yang jelas melanggar UU 36/2009 tentang Kesehatan Pasal 46, ayat (3) butir c tentang promosi rokok yang memperagakan wujud rokok," kata Ferdinandus dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu (13/6).

Saat ini Tim Kemkominfo sedang melakukan proses take down atau penutupan akun serta konten pada platform-platform tersebut. Menkominfo Rudiantara juga sudah menelepon Menkes sebagai regulator kesehatan untuk menggelar rapat koordinasi teknis secepatnya membahas kemungkinan pelanggaran atas pasal-pasal lainnya.

"Karena regulator (Kemenkes) yang bisa menginterpretasikan legislasi/regulasi dengan lebih baik," tukas Ferdinandus. (OL-1)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More