Ini manfaat Ngobrol di Transportasi Umum

Penulis: Rizky Noor Alam Pada: Kamis, 13 Jun 2019, 14:45 WIB Weekend
Ini manfaat Ngobrol di Transportasi Umum

dok.mi
Saatnya berbicara dalam transportasi umum.

Jika Anda kerap naik angkutan umum, seperti kereta api, pesawat, atau bus, pastinya Anda akan bertemu banyak orang baru yang tidak Anda kenal. Daripada diam-diam saja menunggu sampai ke tujuan, lebih baik Anda mencoba mengobrol dengan orang-orang tersebut.

Pasalnya berkomunikasi dengan orang asing yang ditemui di angkutan umum bermanfaat. Seperti disitat dari BBC, setidaknya ada tiga manfaat berbicara dengan orang asing. Apa saja?

1. Dapat Mempengaruhi Perasaan Batin menjadi Positif.
Dalam penelitian yang dilakukan secara terpisah di bus dan taksi, menghasilkan temuan serupa. Bagi individu-individu yang berhubungan dengan orang asing, ternyata memiliki aura yang menyenangkan. Dampak positif tersebut menyebar ke orang yang ajak bicara.

Salah satu alasannya karena pengalaman berbicara dengan orang lain atau mendengarkan suara orang asing, membuat kita sadar mereka memiliki kehidupan yang kaya dengan pikiran, perasaan, emosi, dan pengalaman, sama seperti kita. Tidak hanya itu, komunikasi singkat yang dilakukan dapat mengubah momen yang tidak menyenangkan, seperti perjalanan sehari-hari menjadi sesuatu yang lebih menyenangkan.

2. Menjadi Lebih Bahagia.
Mungkin Anda berpendapat hanya orang-orang ekstrovert yang mendapatkan keuntungan dari berbicara dengan orang asing yang baru dikenal. Namun, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Chicago dan London, menuntut para penumpang kereta untuk saling mengobrol menunjukan orang ekstrovert maupun introvert lebih bahagia ketika diminta berprilaku ekstrovert. Artinya, saat para penumpang tersebut diminta saling berkomunikasi dengan orang lain yang tidak dikenal, mereka cenderung lebih bahagia.

3. Memacu Anda Berbuat Baik.
Mungkin banyak kesalahpahaman yang beredar di masyarakat tentang berinteraksi di transportasi umum. Misalnya orang yang berniat jahat. Namun pemikiran tersebut tidak sepenuhnya benar. Dengan berinteraksi maka ada kemungkinan Anda akan saling mengungkapkan pujian kepada orang lain, saling menawarkan bantuan, dan lain sebagainya.

Jadi, bagaimana siap mengobrol dengan orang yang duduk di samping Anda? (M-3)

Baca juga : Changi Experience Studio Mulai Dibuka di Jewel Changi Airport

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More