Kamis 13 Juni 2019, 11:35 WIB

Penyuap Bupati Lampung Tengah Ditahan

M Ilham Ramadhan | Politik dan Hukum
Penyuap Bupati Lampung Tengah Ditahan

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Tersanga pemilik PT Sorento Nusantara (PT SN) Budi Winarto.

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan pemilik PT Sorento Nusantara, Budi Winarto (BWI), sebagai tersangka suap kepada Bupati Lampung Tengah, Mustafa, terkait dengan kasus korupsi pengadaan barang dan jasa di pemerintah Kabupaten Lampung Tengah tahun anggaran 2018.

"Untuk kepentingan penyidikan, KPK menahan tersangka BWI. Tersangka BWI ditahan selama 20 hari terhitung sejak 12 Juni sampai dengan Juli 2019. BWI ditahan di Rutan Pomdam Jaya Guntur," kata juru bicara KPK, Febri Diansyah, di Jakarta, kemarin.

Febri menyebutkan, penahanan dilakukan setelah Budi diperiksa penyidik KPK. Selain Budi, tambah Febri, KPK juga memeriksa anggota DPRD Kabupaten Lampung Tengah, Bunyana dan Raden Zugiri, serta Bupati Lampung Tengah, Mustafa. Ketiganya juga merupakan tersangka dalam kasus ini, "Ketiga orang tersebut diperiksa dengan kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka BWI," paparnya.

Sebelumnya, pada 30 Januari 2019, KPK menetapkan tujuh tersangka untuk tiga perkara berbeda dalam pengembangan perkara suap kepada DPRD Kabupaten Lampung Tengah terkait dengan pinjaman daerah pada APBD Tahun Anggaran 2018. Dalam perkara pertama, KPK menetapkan Bupati Lampung Tengah 2016-2021 Mustafa sebagai tersangka. Mustafa selaku Bupati Lampung Tengah periode 2016-2021 diduga menerima hadiah atau janji terkait dengan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Lampung Tengah Tahun Anggaran 2018.

KPK menduga Mustafa menerima fee dari izin proyek-proyek di lingkungan Dinas Bina Marga dengan kisaran 'fee' sebesar 10%-20% dari nilai proyek. Total dugaan suap dan gratifikasi yang diterima Mustafa sebagai Bupati Lampung Tengah periode 2016-2021, yaitu sebesar Rp95 miliar. (Mir/P-4)

Baca Juga

MI/Pius Erlangga

KPK Ajukan Banding Vonis Imam Nahrawi

👤Dhika kusuma winata 🕔Kamis 02 Juli 2020, 13:35 WIB
KPK menilai vonis bagi Imam Narawi belum memenuhi rasa keadilan. Sehingga memutuskan mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi...
Dok Kejagung

Kejagung Periksa Pejabat OJK Dalami Kasus Jiwasraya

👤RO/Micom 🕔Kamis 02 Juli 2020, 13:22 WIB
keterangan 4 pejabat OJK dianggap perlu untuk mengetahui proses pengawasan pengelolaan investasi...
MI/M Soleh

Soal Djoko Tjandra, MAKI Akan Laporkan Imigrasi ke Ombudsman

👤Dhika kusuma winata 🕔Kamis 02 Juli 2020, 12:51 WIB
MAKI akan melaporkan ke Ombudsman kemungkinan maladministrasi atas bobolnya sistem kependudukan dan paspor pada sistem imigrasi yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya