Fakhri Sebut Semua Pemain Punya Peluang Lolos Seleksi

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Kamis, 13 Jun 2019, 11:45 WIB Sepak Bola
Fakhri Sebut Semua Pemain Punya Peluang Lolos Seleksi

ANTARA/Risky Andrianto
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 Fakhri Husaini (kiri) memberikan arahan saat seleksi pesepak bola Timnas U-19.

PELATIH Timnas U-19 Fakhri Husaini memimpin langsung latihan perdana untuk seleksi tahap kedua Tim Nasional Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (12/6). Ia menegaskan ke-30 pemain yang ada memiliki kesempatan sama untuk lolos seleksi.

"Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, mereka semua memiliki potensi. Kalau tidak waspada dan memberikan yang terbaik, pemain lain bisa saja tergantikan. Maka saya katakan, di sini siapa pun bisa saja tersingkir apabila tidak menunjukkan kemampuan maksimalnya,” ungkapnya dilansir dari laman resmi PSSI, Kamis (13/6).

Asal pemain-pemain itu dari klub Elite Pro Liga 1, kemudian Garuda Select juga dari PPLP.

Mayoritas pemain yang dipanggil adalah alumnus Timnas U-16 Indonesia yang tidak lain merupakan anak didik dari Fakhri Husaini sebelumnya. Tapi juga banyak pemain baru, hasil pantauan tim pelatih. Termasuk keberadaan pemain dari PPLP.

Baca juga: Timnas U-19 masih Kekurangan Armada

“Buat saya penting memperlakukan sama semua pemain. Lama dan baru tidak akan dibeda-bedakan. Semua punya kesempatan sama menjadi pemain inti dalam pemusatan latihan pada Juli nanti. Pemain dari PPLP saya yakin juga ada yang potensial. Untuk PPLP saya berkoordinasi dengan Pak Bagja, koordinator PPLP,” jelas Fakhri.

Dirinya ingin mengakomodasi semua pemain yang punya potensi untuk masuk timnya. Pasalnya, secara ketersediaan sumber daya, Indonesia sangat kaya sehingga cukup untuk membentuk satu tim yang mumpuni.

“Indonesia ini luas dari Aceh sampai Papua. Kalau kami hanya mengakomodasi pemain dari Elite Pro Liga 1, kan tidak semua 34 provinsi punya elite pro. Apakah pemain-pemain di daerah tidak punya kesempatan?. Bahkan tidak semua daerah punya PPLP. Tapi minimal pemain yang tidak main di Elite Pro bisa masuk PPLP. Kan PPLP ini juga seleksi. Saringan juga, tapi programnya pemerintah,” tuturnya.

Tim ini melakukan seleksi tahap kedua untuk melengkapi pemain-pemain terpilih pada tahap pertama lalu. Setelah itu pemain yang terpilih akan melakukan TC pada awal Juli mendatang.

Fakhri menyatakan pemain yang baru dipanggil pada tahap kedua ini tentu akan bersaing bersama pemain-pemain seleksi di tahap yang pertama.

“Kalau ditanya, berapa pemain yang akan saya pilih nanti. Saya berharap bisa mendapatkan setengahnya lagi di seleksi tahap kedua ini, kira-kira 15 pemain lagi. Pemain tersebut saya harap akan dapat mengisi posisi-posisi yang kurang,” pungkasnya.

Kegiatan Timnas Indonesia U-19 yang akan berakhir 18 Juni 2019 ini dipersiapkan untuk berlaga pada Piala AFF U-18 pada 5-18 Agustus di Vietnam.

Selain itu, Fakhri juga mempersiapkan tim untuk Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, September/Oktober mendatang. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More