Kamis 13 Juni 2019, 09:00 WIB

Pola Tidur Terkait Kadar Gula Darah

Media Indonesia | Humaniora
Pola Tidur Terkait Kadar Gula Darah

MI/Duta
Ilustrasi MI

 

DALAM sebuah studi terbaru yang melibatkan 962 orang dewasa obesitas, sekitar 73% partisipan mengalami pradiabetes. Artinya, belum menderita diabetes, tetapi kadar gula darah berlebihan.

"Pradiabetes ialah kondisi kesehatan yang serius. Itu mengakibatkan seseorang berisiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke," bunyi peringatan dalam situs Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS).

Jika dibandingkan dengan orang yang tidur 7-8 jam setiap malam, orang yang rata-rata tidur kurang dari 5 jam di malam hari memiliki kadar hemoglobin A1C yang lebih tinggi dalam darah. Hal itu mencerminkan kondisi gula darah yang buruk.

"Perspektif umum sebelumnya menekankan durasi tidur pendek berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, durasi tidur terlalu lama juga tidak baik," tutur Babak Mokhlesi, pemimpin penelitian dari Universitas Chicago. (Channelnewsasia/Tes/X-10)

Baca Juga

BMKG

Rentetan Lindu Jadi Tanda Tanya, BMKG: Gempa Penuh Ketidakpastian

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 08 Juli 2020, 06:05 WIB
Apakah rentetan lindu yang terjadi 7 Juli 2020 sebagai pertanda datangnya gempa...
DOK: KEMENDIKBUD

Inspirasi Mereka Diharapkan Memantik Semangat Sesama

👤Gan/S1-25 🕔Rabu 08 Juli 2020, 05:57 WIB
Apa yang dilakukan Ibu An dan Pak Darta untuk menginspirasi bukan hanya komunitas sekitar sekolah mereka. Tetapi menginspirasi dirinya...
ANTARA/Puspa Perwitasari

Sagu dan Ikan Tingkatkan Imunitas Warga Papua Barat

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 08 Juli 2020, 05:52 WIB
Selain melakukan protokol kesehatan, mengonsumi makanan bergizi, seperti sagu dan ikan, bisa meningkatkan imunitas dalam menghadapi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya