Kamis 13 Juni 2019, 09:00 WIB

Pola Tidur Terkait Kadar Gula Darah

Media Indonesia | Humaniora
Pola Tidur Terkait Kadar Gula Darah

MI/Duta
Ilustrasi MI

 

DALAM sebuah studi terbaru yang melibatkan 962 orang dewasa obesitas, sekitar 73% partisipan mengalami pradiabetes. Artinya, belum menderita diabetes, tetapi kadar gula darah berlebihan.

"Pradiabetes ialah kondisi kesehatan yang serius. Itu mengakibatkan seseorang berisiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke," bunyi peringatan dalam situs Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS).

Jika dibandingkan dengan orang yang tidur 7-8 jam setiap malam, orang yang rata-rata tidur kurang dari 5 jam di malam hari memiliki kadar hemoglobin A1C yang lebih tinggi dalam darah. Hal itu mencerminkan kondisi gula darah yang buruk.

"Perspektif umum sebelumnya menekankan durasi tidur pendek berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, durasi tidur terlalu lama juga tidak baik," tutur Babak Mokhlesi, pemimpin penelitian dari Universitas Chicago. (Channelnewsasia/Tes/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More