Kembali Erupsi, Gunung Agung Lontarkan Material Sejauh 700 Meter

Penulis: Ruta Suryana Pada: Kamis, 13 Jun 2019, 06:25 WIB Nusantara
Kembali Erupsi, Gunung Agung Lontarkan Material Sejauh 700 Meter

ANTARA/I Wayan Muliana
Abu vulkanis membubung ke langit dari kawah Gunung Agung saat erupsi yang terpantau dari Desa Datah, Karangasem, Bali.

GUNUNG Agung di Kabupaten Karangasem, Bali kembali erupsi, Kamis (13/6) dinihari pukul 01.38 WITa. Pada erupsi kali ini, gunung tertinggi di Bali itu melontarkan material pijar sejauh sekitar 700 meter ke segala arah.

Berdasarkan laporan dari Pos Pengamatan Gunungapi Agung di Desa/Kecamatan Rendang, erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sekitar 3 menit 53 detik. Dilaporkan juga kolom abu erupsi tidak teramati karena tertutup kabut.

Dalam laporan dua hari terakhir, sejak Selasa (11/6) pukul 18.00 WITa, asap kawah tidak teramati karena kabut 0-III. Pada rentang itu juga terjadi gempa vulkanik dangkal dan dalam serta tektonik jauh.

Baca juga: Gunung Agung Embuskan Asap Setinggi 50 Meter

Seperti  pada rentang waktu pada Rabu (12/6) pukul 18.00 hingga pukul 24.00 WITa terjadi dua kali gempa vulkanik dalam dengan durasi 11-13 detik, sementara tektonik jauh terjadi sekali dengan amplitudo 11 mm, S-P 2-3 detik dan durasi 60 detik.

Dari hasil pengamatan itu juga dilaporkan, hingga saat ini, aktivitas vulkanik gunung berketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut itu masih status siaga atau level III.

"Tingkat aktivitas Gunung Agung  status siaga atau level III," ujar penyusun laporan Dewa Made Merthe Yasa. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More