Kamis 13 Juni 2019, 06:00 WIB

Trump Terima Surat Pemimpin Korut soal CIA

(Channelnewsasia/Tes/X-11) | Internasional
 Trump Terima Surat Pemimpin Korut soal CIA

AFP
PRESIDEN Amerika Serikat Donald Trump

 

PRESIDEN Amerika Serikat Donald Trump mengungkapkan dirinya telah menerima surat yang 'indah' dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Kemunculan surat tersebut menjadi sikap publik Kim terhadap badan intelijen AS (CIA) yang disinyalir memata-matai dirinya.

"Saya pikir apa pun yang terjadi, akan menjadi sangat positif," ujar Trump kepada wartawan di Gedung Putih, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pernyataan Trump muncul sehari setelah laporan harian Wall Street Journal mengenai saudara tiri Kim yang tewas terbunuh, Kim Jong-nam. Tewas di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia, pada 2017, Kim Jong-nam disebut-sebut sebagai informan CIA.

"Saya memang menerima surat yang indah dari Kim Jong-un. Saya menghargai surat tersebut," ucap Trump. "Saya melihat laporan mengenai CIA terkait saudaranya, atau saudara tirinya. Saya menegaskan kepada Kim bahwa hal itu tidak akan terjadi di bawah pengawasan pemerintahan saya," lanjutnya.

Trump memang kerap mendeskripsikan korespondensi sebelumnya dari Kim sebagai 'surat-surat yang indah'. Menurut Trump, surat yang terakhir dari Kim 'sangat hangat, sangat bagus' dan Trump kembali menekankan bahwa dirinya percaya Korea Utara memiliki potensi luar biasa.

Setelah saling melemparkan cercaan dan retorika seperti perang dengan Kim di awal masa kepemimpinannya, Trump kini memang malah berbalik memuji Kim sejak tahun lalu.

Kedua pemimpin negara telah mengadakan dua kali pertemuan puncak. Trump mencoba untuk mengubah hubungan pribadi yang hangat dan menciptakan terobosan diplomatik dengan Korea Utara.

Trump juga terus berupaya melakukan pertemuan berikutnya dengan Kim. Dia dijadwalkan mengunjungi Jepang dan Korea Selatan akhir bulan ini.

Trump menyebut Kim sejauh ini menepati janjinya untuk tidak menguji rudal balistik jarak jauh atau melakukan uji coba nuklir bawah tanah. "Dia (Kim) menepati janjinya. Itu sangat penting," pungkas Trump. (Channelnewsasia/Tes/X-11)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More