Rabu 12 Juni 2019, 21:20 WIB

Arus Balik masih Tersisa di Cipali, Truk Barang sudah Melintas

Antara | Nusantara
Arus Balik masih Tersisa di Cipali, Truk Barang sudah Melintas

MI/RAMDANI
Kendaraan yang didominasi pemudik melintas tol Cipali, Jawa Barat

 

KENDARAAN-KENDARAAN yang diperkirakan merupakan arus balik dari Tol Cipali ke arah Jakarta masih ada, namun truk barang sumbu tiga atau lebih yang sejatinya dilarang melintas selama arus balik hingga Kamis (13/6) pukul 00.00 WIB, sudah cukup banyak melintas.    
Terpantau, dari layar monitor, dari pukul 06.00 WIB hingga 20.15 WIB, sudah ada 43.540 kendaraan melintas di Gerbang Tol Cikampek Utama menuju Jakarta.
 
"Ini arus balik masih ada mas, hari ini hingga pukul 20:15 kendaraan melintas 43 ribu lebih, namun kendaraan barang sumbu tiga atau
lebih sudah melintas padahal aturannya sudah diperpanjang oleh Kementerian (Perhubungan)," kata Edi, salah seorang petugas Dinas Perhubungan yang ditemui di pos pemantau lalu lintas Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Rabu (12/6).

Padahal, kata Edi, pihaknya sudah memasang pengumunan di sistem pemberitahuan Variable Message Sign (VMS) yang terpasang sepanjang ruas Tol Semarang-Jakarta termasuk sebelum memasuki gerbang tol.

"Karenanya kami harap semua pihak bekerjasama, karena arus balik yang masih terjadi, demi kenyamanan bersama," ucap Edi.  


Baca juga: Rencana Penghubung Jalur Selatan ke Tol Trans-Jawa Disambut Baik


Kemenhub sendiri sebelumnya telah mengedarkam surat pemberitahuan yang menginformasikan perpanjangan pembatasan operasional mobil barang sumbu tiga atau lebih sampai 12 Juni 2019 pukul 24.00 WIB, dari sebelumnya berlangsung pada 8 Juni 2019 hingga 10 Juni 2019 pukul 24.00 WIB.

Surat edaran yang ditandatangani Menhub Budi Karya Sumadi tersebut dikirimkan pada Presiden, Menteri Koordinator Kemaritiman, Menko
Perekonomian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, DPP Aptrindo, Organda, DPP ALFI, dan Korlantas Polri.   

Tertulis di surat tersebut, kebijakan perpanjangan itu disebabkan hingga 8 Juni 2019 baru 30% pemudik yang kembali ke Jakarta, sementara 70% sisanya diperkirakan kembali pada periode 9-13 Juni 2019 atau H+7 Lebaran. (OL-1)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

New Normal, Gubernur Sumsel Minta Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 27 Mei 2020, 12:59 WIB
Pemerintah tentu tidak serta merta begitu saja mengeluarkan kebijakan untuk melakukan new normal di beberapa daerah. Terlebih covid-19...
ANTARA FOTO/Septianda Perdana

35 Ton Bawang Merah Ilegal Asal Malaysia Masuk Belawan

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 27 Mei 2020, 12:41 WIB
Ali Jamil, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), mengungkapkan pihaknya sedang menindaklanjuti kasus pemasukan ilegal 35 ton bawang...
MI/Rendy Ferdiansyah

Belitung Rawan Penyebaran Covid-19 Transmisi Lokal

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Rabu 27 Mei 2020, 12:34 WIB
Belitung diwaspadai sebagai daerah paling rawan penyebaran transmisi lokal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya