Menhub Akui Mudik Lebaran 2019 Masih Belum Maksimal

Penulis: Nur Aivanni Pada: Rabu, 12 Jun 2019, 21:11 WIB Humaniora
Menhub Akui Mudik Lebaran 2019 Masih Belum Maksimal

Antara/Muhammad Ibnu Chazar
menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau gerbang tol Cikampek Utama

SEJUMLAH bahan evaluasi menjadi catatan Kementerian Perhubungan dalam arus mudk-balik Lebaran 2019. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun mengakui masih ada sejumlah hal yang belum maksimal dalam pelaksanaan arus mudik kali ini.

"Mudik ini masih ada kekurangan dimana waktu balik ke Jakarta ada suatu kegiatan yang kurang maksimal, tentu jadi perhatian kita," kata Budi di Jakarta, Rabu (12/6).

Dalam mudik tahun ini, kata Budi, jalur darat menjadi fokus perhatian. Pasalnya, pemudik yang menggunakan transportasi darat begitu masif.

Baca juga : Hampir Seluruh Pemudik Sudah Kembali ke Jakarta

"Fenomena mudik ini adalah suatu indikator yang bisa menunjukkan bahwa pemerintah hadir atau tidak. Pemerintah berkinerja atau tidak," ucapnya.

Ia pun mengakui, tol Trans Jawa yang mengular sepanjang Jakarta-Surabaya memberikan kontribusi berhasil atau tidaknya pembangunan konektivitas dalam dua tahun terakhir ini.

Pasalnya, 4-5 tahun lalu jalur darat masih dihantui oleh Simpang Jomin ataupun gerbang tol Brebes Timur yang dikenal dengan istilah Brexit (Brebes Exit).

"Saya harus berterima kasih kepada Pak Basuki yang sudah berjuang untuk membuat koneksi, dan BUMN Bu Rini yang berikan effort, suatu kekompakan. Ini harus kita rawat dan pertahankan apa yang telah dilakukan," katanya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More