Lusa, Sidang Perdana Sengketa Hasil Pilpres Dimulai Pukul 9 WIB

Penulis: Insi Nantika Jelita Pada: Rabu, 12 Jun 2019, 21:30 WIB Politik dan Hukum
Lusa, Sidang Perdana Sengketa Hasil Pilpres Dimulai Pukul 9 WIB

MI/Rommy Pujianto
Ketua MK Anwar Usman

SIDANG perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 akan digelar pada Jumat (14/6) di ruang sidang utama lantai 2 Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta.

Sidang pemeriksaan pendahuluan PHPU Pilpres dijadwalkan mulai pada pukul 09.00 WIB. Adapun nomor perkara yang diregister oleh MK ialah 01/PHPU-PRES/XVII/2019.

Ketua MK Anwar Usman mengatakan bahwa pihaknya siap melaksanakan sidang PHPU tersebut.

"Kami siap 100%. Tidak ada lagi hal-hal yang perlu dibahas atau menjadi kendala. Ada sembilan hakim nanti," ujarnya di Gedung MK, Jakarta, Rabu (12/6).

Sebelumnya, Anwar menegaskan bahwa pihaknya akan menjamin independensi sembilan hakim konstitusi yang akan mengadili perkara sengketa hasil Pemilu 2019.

Baca juga: PDI-P Andalkan Formulir C1 di Sidang MK

"Saya berani menjamin independensi seluruh hakim konstitusi. Saya bisa memastikan dan meyakinkan bahwa independensi itu adalah hal yang tidak bisa ditawar," terangnya.

Anwar Usman diketahui sudah dua periode menjabat sebagai wakil ketua MK. Adapun nama delapa hakim MK lainnya yang menangani sengketa hasil Pemilu 2019 ialah Aswanto, I Dewa Gede Palguna, Suhartoyo, Manahan M.P Sitompul, Arief Hidayat, Wahiduddin Adams, Saldi Isra, dan Enny Nurbaningsih. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More