Rabu 12 Juni 2019, 20:58 WIB

Soal 2024, Jokowi: Kita Punya Banyak Calon Penerus

Soal 2024, Jokowi: Kita Punya Banyak Calon Penerus

MI/Bary Fathahillah
Delapan kepala daerah dan tokoh muda seusai Silaturahim Bogor untuk Indonesia di Museum Kepresidenan Balai Kirti, Bogor, Rabu (15/5).

 

PRESIDEN Joko Widodo mengaku tidak menunjuk kader khusus sebagai penerusnya pada 2024.

"Ya kita kan punya kader banyak calon penerus yang punya kualitas banyak, sudah teruji, dari pemerintahan banyak, bupati, gubernur, wali kota banyak, pilih saja. Swasta-swasta besar juga banyak, jago manajemen banyak, pilih saja, usianya masih muda tapi matang, kasih saja mereka ruang, kasih panggung untuk tampil. Kita ini tugasnya mengantarkan tapi yang menentukan rakyat," jelas Presiden di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (12/6).   

Presiden menegaskan tidak punya beban dalam lima tahun kepemimpinannya yang kedua kali nanti. "Ya beban apa? Tidak boleh mencalonkan lagi," ungkap Presiden.

Baca juga: Tiga Gubernur Jadi Agen Pemberantasan Korupsi

Namun pada 2024 nanti, Presiden memimpikan fondasi ekonomi Indonesia sudah kuat. "Artinya kita tidak berpikir pertumbuhan ekonomi tapi kualitas pertumbuhan ekonomi dan pemerataannya. Kalau pertumbuhan ekonomi yang cepat itu gampang saja. Buat saja superkoridor ekonomi di Jawa bagian utara, pelabuhannya sudah ada, tapi pemerataannya bagaimana? Kita kan bukan urusan ekonomi tapi urusan bernegara bagaimana Papua, Maluku, NTT, Kalimantan, Sulawesi, Sumatra? Kita punya 17 ribu pulau, kita bernegara," tegas Presiden. (X-15)

Baca Juga

MI/AGUS MULYAWAN

DPR Setuju Anggaran Pilkada Ditambah

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 29 Mei 2020, 08:50 WIB
Pelaksanaan pilkada membutuhkan intervensi pemerintah pusat terkait dengan biaya penyelenggaraan yang berasal dari anggaran pendapatan dan...
Gugus Tugas Covid-19/NRC/L-1

Daerah Bersiap Hadapi New Normal

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 29 Mei 2020, 06:51 WIB
Pemda akan bekerja sama dengan TNI/Polri untuk menjaga kedisiplinan masyarakat. Mereka menjadi pengawas di tempat kerumunan...
MI/Panca Syurkani

Komentari Roy Suryo, Darwis Triadi: Ngaku Pakar, Karya Enggak Ada

👤Henri Siagian 🕔Jumat 29 Mei 2020, 05:15 WIB
Menurut Darwus, keahlian yang dimiliki setiap orang bisa digunakan untuk kebaikan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya