Kamis 13 Juni 2019, 03:45 WIB

Kemarau Picu Lebih 700 Hektare Padi Puso

(UL/BB/WJ/N-2) | Nusantara
Kemarau Picu Lebih 700 Hektare Padi Puso

MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE
Lahan pertanian di Kabupaten Indramayu, Jawa barat, mengalami kekeringan

 

SEJUMLAH lahan pertanian di Kabupaten Indramayu, Jawa barat, mengalami kekeringan cukup parah. Dari informasi yang dihimpun, tanaman padi yang kekeringan terjadi di Kecamatan Kandanghaur. Luasnya bahkan mencapai 700 hektare.

Waryono, Ketua KTNA Kecamatan Kandanghaur, kemarin, menyebutkan tingkat kekeringan tanaman padi sudah masuk stadium 4. “Jika dalam sepekan saja tidak ada air mengalir dan tidak ada air yang menggenang di lahan pertanian, tanaman padi akan mati.”

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mewaspadai potensi ancaman kekeringan saat musim kemarau di 11 kecamatan. “Kalau nanti kejadiannya meluas, perusahaan air minum dalam kemasan di Cianjur akan kita mintai bantuan untuk menyalurkan air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cianjur, Dodi Permadi, Rabu (13/6).

Hal senada terjadi di wilayah Wonogiri selatan, Jateng. Sedikitnya 31 desa di 7 kecamatan mengalami krisis air bersih. “Mereka tidak cengeng, mengatasi secara mandiri kekurangan air bersih yang menimpa dengan cara membeli air dari swasta, atau memberikan pelaporan kepada pemkab tentang sumber air baru yang bisa diangkat melalui mesin pompa, lalu dialirkan melalui jaringan pipa ke rumah.

Warga memilih dibuatkan embung ketimbang dropping yang sifanya hanya sesaat,” ujar Kepala BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto. (UL/BB/WJ/N-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More