Kamis 13 Juni 2019, 02:55 WIB

Timnas U-19 masih Kekurangan Armada

(PSSI.org/Cah/R-2) | Sepak Bola
Timnas U-19 masih Kekurangan Armada

ANTARA FOTO/Risky
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 Fakhri Husaini (kiri)

 

PELATIH tim nasional U-19, Fakhri Husaini, mengaku membutuhkan 15 pemain lagi untuk menambal kekurangan timnya. Untuk itu, ia memanggil 30 pemain guna seleksi tahap kedua.

“Kalau ditanya berapa pemain yang akan saya pilih nanti, saya berharap bisa mendapatkan setengahnya lagi di seleksi tahap kedua ini, kira-kira 15 pemain lagi. Pemain tersebut saya harap akan dapat mengisi posisi-posisi yang kurang,” katanya.

Pada seleksi tahap kedua itu, Fakhri menggelar pemusat­an latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, dari 11 hingga 18 Juni. Sebanyak 30 pemain dari berbagai daerah dipanggil.

Mereka semua berasal dari klub Elite Pro Liga 1, kemudian Garuda Select, ada juga dari PPLP. Mayoritas pemain yang dipanggil ialah alumnus timnas U-16 Indonesia, yang tidak lain merupakan anak didik dari Fakhri Husaini sebelumnya. Akan tetapi, juga banyak pemain baru, hasil pantauan tim pelatih. Termasuk keberadaan pemain dari PPLP.

“Indonesia ini luas dari Aceh sampai Papua. Kalau kami hanya mengakomodasi pemain dari Elite Pro Liga 1, kan tidak semua 34 provinsi punya elite pro. Apakah pemain-pemain di daerah tidak punya kesempatan? Bahkan tidak semua daerah punya PPLP. Tapi minimal pemain yang tidak main di Elite Pro bisa masuk PPLP. Kan PPLP ini juga seleksi. Saring­an juga, tapi programnya pemerintah.”

Fakhri menyatakan pemain yang baru dipanggil pada tahap kedua ini tentu akan bersaing bersama pemain-pemain seleksi di tahap yang pertama. “Mereka ini akan bersaing dengan pemain terpilih pada seleksi tahap pertama. Dari evaluasi tahap pertama, saya sudah dapatkan 15 pemain yang layak untuk TC di bulan Juli,” ujar Fakhri.

Pada bagian lain, pelatih timnas senior Indonesia, Simon McMenemy, mengatakan timnya mendapatkan pelajaran berharga dari Yordania. Hal itu diakuinya seusai Indonesia kalah 1-4 dari Yordania pada laga uji coba di Stadion King Abdullah II, Amman, Yordania, Selasa (11/6) malam.

“Laga ini menjadi kredit tersendiri untuk Yordania. Mereka tim yang kuat, punya teknis bagus. Ini adalah tim (Yordania) yang sama ketika mengalahkan Australia. Alas­an utama kami ke sini adalah mendapat lawan yang kuat, dan kami dapat itu,” kata McMenemy. (PSSI.org/Cah/R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More