Rabu 12 Juni 2019, 20:01 WIB

Menperin: Peningkatan Daya Saing Kunci Hadapi Perang Dagang

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Menperin: Peningkatan Daya Saing Kunci Hadapi Perang Dagang

M Taufan SP Bustan
MENTERI Perindustrian Airlangga Hartarto

 

MENTERI Perindustrian Airlangga Hartarto menyebut Indonesia memiliki peluang yang bisa dimanfaatkan di tengah perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Menurut Menperin, Indonesia masih memiliki fundamen ekonomi yang kuat dalam menghadapi situasi perdagangan yang tidak kondusif.

"Indonesia menjadi salah satu negara dengan demokrasi yang solid sehingga menjadi salah satu negara yang menarik untuk investasi," ujar Airlangga melalui keterangan resmi, Rabu (12/6).

Selain itu, Indonesia juga dipandang sebagai salah satu negara yang serius mengembangkan ekonomi digital. Itu menjadi nilai positif tersendiri bagi para pelaku usaha dunia.

"Bahkan, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe melihat Asia Tenggara terutama Indonesia bisa menjadi ground untuk digital ekonomi," tuturnya.

Dengan situasi yang semakin tidak menentu di Tiongkok, Indonesia pun menjadi salah satu tujuan investasi alternatif di Asia bagi para pelaku bisnis.

Yang perlu dilakukan saat ini, sambung Airlangga, adalah meningkatkan daya saing agar produk-produk Tanah Air bisa berkompetisi dengan negara-negara tetangga seperti Thailand dan Vietnam.

"Mereka pasti memilih-milih. Indonesia sekarang menarik untuk investasi berbasis elektronika, garmen, alas kaki serta makanan dan minuman tapi yang lain juga harus ditingkatkan," tandasnya. (A-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More