Laporan Keuangan Pemerintah Raih Opini WTP 3 Tahun Berturut-turut

Penulis: Nur Aivanni Pada: Rabu, 12 Jun 2019, 19:45 WIB Ekonomi
Laporan Keuangan Pemerintah Raih Opini WTP 3 Tahun Berturut-turut

MI/Nur Aivanni
Penyerahaan LKPP dengan opini WTP dari BPK ke Pemerintah Indonesia

BADAN Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2018.

Anggota II BPK RI Agus Joko Pramono pun mengapresiasi atas upaya dan kerja keras pemerintah saat ini.

"Saya sangat bangga dengan pemerintah sekarang terkait dengan usaha yang keras, dengan komunikasi yang bagus dapat mencapai (opini) wajar tanpa pengecualian dengan tingkat profesionalisme," kata Agus dalam acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara dan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Tahun 2018 di Auditorium BPK, Jakarta, Rabu (12/6).

Kendati mendapat opini WTP, Agus mengatakan, BPK masih menemukan beberapa hal terkait dengan permasalahan pengendalian internal. Pihaknya berharap temuan permasalahan tersebut bisa ditindaklanjuti oleh kementerian/lembaga terkait.

"Atas pernasalahan tersebut, kami mengharapkan komitmen seluruh jajaran kementerian/lembaga untuk menindaklanjuti rekomendasi BPK sesuai batas waktu yang ditetapkan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyambut baik perolehan opini WTP atas laporan keuangan pemerintah tersebut. Dalam mengelola APBN, kata dia, pemerintah berkomitmen untuk mengedepankan tata kelola yang baik.

Baca juga : BPK Usul Peningkatan Alokasi Dana Riset Pertanian

Audit dan catatan temuan BPK, kata Sri Mulyani, terus membantu pemerintah dalam rangka untuk terus meningkatkan pengelolaan keuangan negara dan juga pertanggungjawaban keuangan negara yang semakin baik.

"BPK RI telah melakukan pemeriksaan pada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat untuk tahun 2018. Dan atas pemeriksaan tersebut BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk yang ketiga kalinya berturut-turut," ucap Sri Mulyani dalam sambutannya yang mewakili Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Sri Mulyani pun berharap kepada seluruh pimpinan kementerian/lembaga agar tidak hanya puas dan berlomba untuk mengejar opini WTP semata. Ia meminta kementerian/lembaga terus bekerja keras di dalam melaksanakan pengelolaan anggaran dan praktek tata kelola pemerintahan yang baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Kami mewakili pemerintah menyampaikan kepada para menteri dan pimpinan lembaga bahwa terhadap hasil pemeriksaan BPK tersebut agar seluruh menteri memimpin sendiri di dalam menindaklanjuti seluruh rekomendasi BPK," kata Sri Mulyani.

Di penghujung sambutannya, Sri Mulyani pun menutupnya dengan menyampaikan dua buah pantun.

"Pulang mudik lewat Cipali, kena macet cuma sesekali. Kerja sama yang baik perlu digali, tahun depan WTP kembali," ucap Sri Mulyani yang disambut tepuk tangan para hadirin.

"Bila datang ke Jakarta, jangan lupa bawa KTP. Terimakasih BPK, sekali WTP tetap WTP," tutupnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More