Tiga Gubernur Jadi Agen Pemberantasan Korupsi

Penulis: M Ilham Ramadhan Avisena Pada: Rabu, 12 Jun 2019, 19:10 WIB Politik dan Hukum
Tiga Gubernur Jadi Agen Pemberantasan Korupsi

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
GUBERNUR TERPILIH KUNJUNGI KPK

MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan dirinya bersama dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, Maluku dan Maluku Utara menyatakan sepakat menjadi bagian dari agen pemberantasan korupsi.

"Kami tadi diterima KPK tadi banyak diskusi, banyak masukan khususnya bagaimana Gubernur sebagai wakil dari pemerintah pusat di daerah itu keinginan bersama sepakat sebagai agen pencegahan atau pemberantasan korupsi di daerah," tuturnya di Gedung KPK, Rabu (12/6).

Para Gubernur dan Wakil tadi, kata Tjahjo, sepakat akan hal yang telah didiskusikan. Hal itu lantaran mereka memiliki janji politik saat kampanye, diantaranya ialah membangun pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi.

Sepakat, Gubernur Lampung Arinal Djuanedi menyatakan akan menunjukkan keteladanan selama menjabat sebagai Gubernur. "Paling tidak saya dan wakil ingin menunjukan ketauladanan agar dikemudian hari kejadian korupsi di Lampung sangat kecil. Karena kalau pemimpinnya teladan, biasanya menurun sampai ke bawah. Saya kira itu," ujarnya.

Baca juga: Jokowi: Saya Tegas dan tak Pandang Bulu Berantas Korupsi

Sementara, Gubernur Maluku Murad Ismail menyatakan, diskusi yang dilakukan dengan petinggi KPK menghasilkan suatu pembelajaran yang luar biasa bagi dirinya.

Ia juga mengharapkan, kedatangannya ke KPK sebagai yang pertama dan terakhir kalinya. Oleh karenanya ia akan berkomitmen atas kesepakatannya tersebut.

"Kami akan pegang betul apa yang telah dibicarakan oleh KPK dan apa yang kita sampaikan pada KPK. Kami adalah agen dari KPK," tukasnya.

Pun demikian dengan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani. Ia menyatakan memiliki komitmen sama dengan dua pasang Gubernur lainnya untuk berbuat yang terbaik bagi Indonesia, "Semoga kami berbuat yang terbaik untuk negeri yang kita cintai. Terima kasih," kata Abdul. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More